Belum dapat Keputusan Keberangkatan Haji, Kemenag Bontang Fokus Siapkan CJH

By Annas 14 Apr 2022, 17:05:27 WIB Daerah
Belum dapat Keputusan Keberangkatan Haji, Kemenag Bontang Fokus Siapkan CJH

Keterangan Gambar : Ilustrasi manasik haji. (Doc. Int)


NEWSBONTANG.COM - Umat Muslim diseluruh dunia tak bisa menikmati ibadah haji beberapa tahun belakangan ini karena pandemi Covid-19. Namun, kabar baik di tahun ini sebanyak 1 Juta orang dapat berangkat ke tanah suci tersebut.

Pasalnya, Pemerintah Arab Saudi kembali membuka Penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022 M untuk jemaah lokal maupun luar negeri.

Adapun persyaratan untuk Calon Jamaah Haji (CJH) pada 2022 ini, diharuskan berusia di bawah 65 tahun. Kemudian telah menerima vaksinasi lengkap yang disetujui Kementerian Kesehatan Saudi dan wajib menyerahkan hasil tes PCR negatif covid-19 selama 72 jam sebelum keberangkatan. 

Baca Lainnya :

"Inikan hanya 1 juta jadi sekitar 40 persen, Dari jumlah itu nantinya masih akan dibagi ke semua negara, untuk Indonesia berapa kuotanya belum bisa dipastikan," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bontang, M Izzat Solihin saat dikonfirmasi awak media newsbontang.com, pada Kamis (14/4/2022).

Dikatakan, terdapat 58 orang yang diperkirakan dapat berangkat CHJ asal Bontang, bila mengambil data dari 40 persen. Jumlah tersebut terbilang sedikit dari jumlah calon jemaah haji pada 2019 lalu, sebanyak 146 orang.

Namun hingga saat ini pihaknya masih menunggu keputusan dari Kemenag RI.

Sembari itu, pihaknya tetap melangsungkan pelatihan dan persiapan keberangkatan jamaah haji.

"Kita masih menunggu keputusan berapa jumlah kuota yang diterima Indonesia, nanti akan dikirim ke provinsi dan provinsi akan bagi berapa jumlah kuota per Kabupaten/Kota," kata Izzat.

"Dari sisi administrasi bontang sudah siap dan beberapa kegiatan seperti manasik haji itu kami sudah lakukan, kita masih tunggu keputusan" sambungnya.

Selain upaya dari pemerintah, Izzat juga berpesan kepada CJH dari Bontang untuk terus memperdalam ilmu agamanya. Agar dapat terkabul menjadi haji yang mabrur.

"Saya harap calon jemaah haji untuk terus memperdalam agamanya supaya kecintaan dan kerinduan akan baitullah ketika berada di muzdalifah aminah dan melaksanakan tawaf dijalani dengan benar-benar penuh kekhusyuan," tandasnya. (Ian/NB)

Demi memberikan kemudahan akses berita, kami membuka grup di platform sosial media telegram untuk pembaca setia newsbontang.com. Mari bergabung di Grup Telegram "NB Buddy Update", dengan cara tekan link https://t.me/newsbontangupdate, kemudian pilih join.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.