Berapa Bungkus Mie Instan yang Boleh Dimakan Sehari? Ini Kata Dokter
Redaksi Newsbontang

By Annas 22 Okt 2020, 13:52:33 WIB Kesehatan
Berapa Bungkus Mie Instan yang Boleh Dimakan Sehari? Ini Kata Dokter

Keterangan Gambar : Foto: Getty Images/PonyWang


NEWS BONTANG- Mie Instans digemari karena rasa gurihnya. Namun dalam sehari berapa bungkus yang boleh dikonsumsi? Begini jawaban dokter.

Mie instan jadi makanan favorit banyak orang, bahkan beberapa di antara mereka bisa makan mie instan lebih dari satu bungkus dalam sehari. Namun apakah kebiasaan ini baik untuk kesehatan?

 

Baca Lainnya :

Dokter Dion Haryadi melalui akun TikToknya, dionharyadi, menjawab pertanyaan banyak orang mengenai batas konsumsi mie instan dalam sehari. "Satu hari saya boleh makan berapa banyak mie instan?" buka dr. Dion di awal.

 

Ia menjelaskan, "Mie instan rasanya enak banget. Pernah mikir nggak 'ini enaknya karena apa ya?'. Ya karena bumbunya, sodium." Dalam satu bungkus mie instan bisa mengandung 800-1.400 mg sodium.

 

"Nah satu harinya kita hanya disarankan hanya mengonsumsi kurang lebih 2.500 mg sodium. Jadi kalau kamu makan 2 atau 3 bungkus mie instan sehari, kamu sudah menghabiskan jatah sodium harianmu," kata dokter berkacamata ini.


Belum lagi asupan sodium atau garam dari makanan dan camilan-camilan lain Bukan tidak mungkin, jumlah asupan sodium seseorang melonjak di atas 2.500 mg dalam sehari.

 


                                                          

                         Berapa Bungkus Mie Instan yang Boleh Dimakan Sehari? Ini Kata Dokter Foto: Getty Images/PonyWang




dr. Dion mengingatkan bahwa konsumsi sodium yang tinggi terutama bisa menyebabkan hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi. "Yang kemudian dapat menyebabkan penyakit jantung, ginjal, dan seterusnya," tutupnya.

 

Dikutip dari Healthline (21/10), konsumsi mie instan setiap hari juga tidak disarankan karena makanan ini rendah nutrisi. Beberapa penelitian telah menemukan kaitan antara sering konsumsi mie instan dengan pola makan keseluruhan yang buruk.

Selain itu, mie instan juga mengandung monosodium glutamate (MSG) yang efek konsumsinya masih jadi kontroversi. Ada yang menyebut tak masalah konsumsi MSG, namun ada pula yang bilang MSG kurang baik untuk kesehatan.

 

Ada penelitian yang menemukan konsumsi MSG berlebih bisa menyebabkan berat badan naik, tekanan darah tinggi, pusing, hingga mual. Selain itu MSG juga bisa berdampak negatif untuk kesehatan otak.


Alasan lain untuk tidak menjadikan mie instan sebagai makanan pokok adalah karena produk ini rendah serat dan protein. Karenanya bisa bikin cepat merasa lapar usai menyantapnya.

 

Dihubungi detikFood, ahli gizi Leona Victoria Djajadi pernah mengungkap berapa batas maksimal konsumsi mie instan. Ia menyarankan dalam sebulan maksimal makan 4 bungkus mie instan saja atau sekitar 1 kali seminggu. Ini penjelasannya.

 

 

 

 

Sumber : Detik Health







Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment