Biro Adpim Setdaprov Kaltim Didatangi Mahasiswa, Belajar Banyak Soal Produksi Berita

By Annas 19 Apr 2022, 09:58:32 WIB Kominfo Kaltim
Biro Adpim Setdaprov Kaltim Didatangi Mahasiswa, Belajar Banyak Soal Produksi Berita

Keterangan Gambar : Kepala Biro Adpim Setdaprov Kaltim, M Syafranuddin, sedang memberikan materi kepada mahasiswa soal proses produksi berita di Biro Adpim Setdaprov Kaltim, di Gedung Kantor Gubernur Kaltim, pada Senin (18/4/2022) kemarin. (Doc. Ist)


NEWSBONTANG.COM - Kepala Biro Adpim Setdaprov Kaltim, M Syafranuddin menerima kunjungan 28 mahasiswa dari UKM Fisipers Fisipol Unmul, pada Senin (18/2/2022) kemarin.

Kunjungan mahasiswa itu berkaitan dengan keinginan UKM tersebut untuk mengetahui proses produksi berita, di lingkungan Pemprov Kaltim.

Ivan akrabnya disapa, mengapresiasi kunjungan mahasiswa Unmul untuk belajar penulisan berita di biro yang dipimpinnya, ditengah kewajiban menjalankan ibadah puasa.

Baca Lainnya :

“Saya ucapkan selamat menjalankan ibadah puasa, dan terima kasih berkunjung ke Biro Adpim untuk belajar penulisan berita,” kata dia. 

Dalam paparannya, Ivan menjelaskan teknik-teknik penulisan berita dan bagaimana membuat berita yang menarik minat pembaca.

“Bikin berita itu seperti bikin kue untuk-untuk, kita dituntut bisa meramu berapa tepungnya, berapa gram menteganya, telurnya, supaya terasa enak,” ujar Ivan menganalogikan penulisan berita.

Jika takarannya pas, akan terasa enak. Begitu juga dengan sebuah berita, harus diawali dengan pengumpulan data dan informasi yang valid, baik melalui wawancara maupun dari sumber-sumber terpercaya. 

Barulah kemudian diramu dengan pemilihan judul, lead dan isi berita, dengan kalimat baku sesuai kaidah bahasa Indonesia yang benar.

“Namun ingat, semua peristiwa maupun informasi bisa dijadikan berita,” ujar pemegang kartu uji kompetensi wartawan (UKW) Utama ini.

Sebuah berita harus memiliki aktualitas, unik, keterkenalan dan kekuatan dampak. Selain itu, harus mengandung konflik, kemajuan atau hal baru, dan human interest.

Dosen Pembimbing UKM Fisipers Unmul, Hairunissa berharap dengan melakukan kunjungan ke Biro Adpim, dapat menambah pengetahuan dan kemampuan penulisan jurnalistik mahasiswa.

“Harapan kami, kunjungan ini memberi tambahan ilmu dan pengetahuan bagi mahasiswa kami, khususnya dalam penulisan berita,” tuturnya. (*/Red/NB)

Yuk! Join ke kanal telegram “NB Buddy Update” newsbontang.com untuk mendapatkan informasi terbaru. Caranya tekan link https://t.me/newsbontangupdate, kemudian pilih join.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.