Dispopar Bidik Tiga Lokasi untuk Jadi DEDI dan DEWI

By Annas 09 Jun 2021, 15:29:45 WIB PEMKOT
Dispopar Bidik Tiga Lokasi untuk Jadi DEDI dan DEWI

Keterangan Gambar : Pintu gerbang desa wisata Bontang Kuala yang rencananya akan dijadikan desa wisata dan desa digital oleh Dispopar Bontang. (Doc. Ryn/NB)


NEWSBONTANG.COM - Dinas Pemuda Olahraga dan Parwisata (Disporapar) Bontang mengusulkan tiga kelurahan untuk dijadikan sebagai Desa Digital (DEDI) dan Desa Wisata (DEWI).

Program tersebut sesuai instruksi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, sekaligus mensukseskan program 100 hari masa kerja Wali Kota Bontang Basri Rase.

Adapun kelurahan yang ditunjuk Dispopar Bontang antara lain, Guntung, Tanjung Laut Indah (Melahing), dan Bontang Kuala.

Baca Lainnya :

Kepala Dispopar Bontang, Bambang Cipto Mulyono, mengatakan dari ketiga kelurahan tersebut akan dimanfaatkan sebagai percontohan pengembangan objek wisata dan ekonomi kreatif masyarakat dalam rangka pemulihan ekonomi di masa pandemi.

“Sesuai arahan Menparekraf, Sandiaga uno diwajibkan masing-masing kabupaten/kota punya dua atau tiga desa digital dan desa wisata, yang insyallah tahun ini akan kita launching,” Kata Bambang saat ditemui media NEWSBONTANG.COM di Gedung Graha Pemuda, Selasa (8/6/2021) 

Program DEDI dan DEWI ini dipercaya dapat mendorong pembangunan usaha mikro, sehingga dapat berdampak pada pembukaan lapangan kerja. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi sebagai upaya mengembangkan potensi pariwisata di setiap lokasi yang dipilih.

Pun diharapkan dapat membantu mempercepat program pembangunan pemerintah pusat maupun di daerah.

Selain itu, dengan program itu dapat pula membantu pelaku ekonomi kreatif dan UMKM dalam memasarkan sekaligus mempromosikan potensi wisata di Bontang.

“Contohnya di Guntung itu ada wisata edukatif, bisa belajar membatik, menari, budidaya tanaman herbal dan kegiatan seni budaya yang bisa dikembangkan dan banyak objek wisata akan kita promosikan lebih luas dengan adanya program ini,” beber BCM.

Saat ini pihak pemerintah menyatakan kesiapan dari program yang diusulkan Menparekraf. (Ian/NB/Adv)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.