Hadi Minta Pemerintah Pusat Penuhi Kebutuhan Pasokan Minyak Goreng di Indonesia

By Annas 21 Mei 2022, 12:09:07 WIB Kominfo Kaltim
Hadi Minta Pemerintah Pusat Penuhi Kebutuhan Pasokan Minyak Goreng di Indonesia

Keterangan Gambar : Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi. (Doc. Yud/NB)


NEWSBONTANG.COM – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mengikuti kebijakan yang sudah dibuat Pemerintah Pusat terkait dicabutnya larangan ekspor produk minyak sawit termasuk minyak goreng dan Crude Palm Oil (CPO).


Menurut orang nomor dua di Benua Etam itu, kebijakan pencabutan ini pastinya diambil berdasarkan kondisi Indonesia sekarang. Sehingga, Pemerintah Daerah hanya mengikuti aturan yang telah dikeluarkan Presiden Joko Widodo.

Baca Lainnya :


"Kita di daerah tentu mengikuti saja apa yang diarahkan Presiden Joko Widodo," ungkapnya di Kompleks Kantor Gubernur Kaltim jalan Gajah Mada, Sabtu (21/5/2022).


Namun dalam kesempatan itu, Hadi Mulyadi memberikan masukan agar seharusnya Pemerintah Pusat bisa mengatur sejumlah mekanisme sehingga kebutuhan minyak goreng di Indonesia dapat terus terpenuhi.


"Berdasarkan penjelasan Pak Presiden, kebutuhan minyak goreng sudah tercukupi sehingga larangan sebelumnya dicabut. Saya kira ke depan tidak perlu melakukan stok, cabut, stok, cabut. Tapi seharusnya diatur sedemikian rupa sehingga kebutuhan daerah itu terpenuhi," tegasnya.


Pencabutan larangan ekspor produk minyak sawit termasuk minyak goreng dan CPO berlaku mulai Senin, 23 Mei 2022 dengan mempertimbangkan serta memperhatikan kondisi pasokan dan harga minyak goreng saat ini.


Diketahui, kebutuhan Nasional untuk minyak goreng curah kurang lebih sebesar 194 ribu ton per bulannya. Pada bulan Maret sebelum dilakukan pelarangan ekspor, pasokan hanya mencapai 64,5 ribu ton. 


Akan tetapi setelah dilakukan pelarangan ekspor di bulan April, pasokan mencapai 211 ribu ton per bulannya sehingga melebihi kebutuhan Nasional bulanan. Atas dasar itulah, akhirnya Presiden Jokowi mencabut larangan ekspor CPO dan minyak goreng di Indonesia. (Yud/NB/Adv/KominfoKaltim)


Yuk! Join ke kanal telegram “NB Buddy Update” newsbontang.com untuk mendapatkan informasi terbaru. Caranya tekan link: //t.me/newsbontangupdate, kemudian pilih join.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.