Hindari Kenakalan Pada Anak, Disdik : Pentingnya Kerjasama Antar Guru dan Orangtua
Pewarta : Risma

By Annas 04 Nov 2020, 08:47:12 WIB PEMKOT
Hindari Kenakalan Pada Anak, Disdik : Pentingnya Kerjasama Antar Guru dan Orangtua

Keterangan Gambar : Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Disdikbud Kota Bontang Saparudin (Foto/Risma)


NEWS BONTANG- Di dalam keluarga anak-anak mulai menerima pendidikan yang pertama dan paling utama. Pendidikan yang diterima oleh anak mulai dari pendidikan agama, cara bergaul, dan interaksi dengan lingkungan. Keluarga merupakan lingkungan sosial yang pertama bagi anak.

 

Dalam lingkungan keluargalah anak mulai mengadakan persepsi, baik mengenai hal-hal yang ada di luar dirinya, maupun mengenai dirinya sendiri. Keluarga merupakan unit sosial terkecil yang memberikan fondasi primer bagi perkembangan anak. Sedangkan lingkungan sekitar dan sekolah ikut memberikan nuansa pada perkembangan anak.

Baca Lainnya :

 

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Bontang Saparudin, peran penting bagi dunia pendidikan anak bukanlah hanya saat guru di sekolah. Tetapi juga faktor dan peran keluarga serta lingkungan sangat lah penting dibutuhkan.

 

Dengan adanya kaloborasi dalam  hal mendidik anak secara baik, dampak yang dirasakan oleh anak, akan menjadikan perkembangannya tumbuh menjadi generasi yang tangguh.

 

"Di dalam dunia pendidikan memang ada 3 faktor, yang sangat dominan. Faktor sekolah, lingkungan dan orangtua. Sepandai-pandainya guru mendidik anaknya di sekolah dengan baik, kalau dirumahnya tidak dididik dengan baik apa yang terjadi. Pasti akan berdampak ke anak," ucapnya saat ditemui awak media ini diruangannya, Senin, (02/11) pagi.

 

Lebih jauh Sapar mengatakan, adanya fenomana perilaku mengapa anak sering memukul atau melakukan hal yang tidak baik kepada temannya, hal itu bisa terjadi lantaran dampak yang dirasakan saat di lingkungan rumah.

 

"Seperti melihat fenomena perilaku kenapa anak ini sering memukul temannya, apakah anak ini sering dipukul dirumahnya, itu pasti. Kalau di sekolah dididik dengan baik, dirumah dididik dengan baik, InsyaAllah semua itu akan baik," imbuhnya.

 

Oleh karena itu Ia berharap, komunikasi dari didikan yang diberikan oleh sekolah maupun orangtua berperan sangatlah penting bagi tumbuh kembang anak. Dengan begitu, anak bisa meminamalisir terjadinya kenakalan remaja.

 

"Inilah pentingnya kerjasama dan komunikasi antara orangtua dan pihak sekolah. Seperti kenakalan remaja disebabkan lingkungan, keluarga dan pendidikan. Maka dari itu, inilah pentingnya 3 komponen untuk saling berkaloborasi," tandasnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment