Jutaan ASN dari Ibu Kota akan Dipindahkan ke IKN Baru

By Annas 18 Jan 2022, 15:13:27 WIB Daerah
Jutaan ASN dari Ibu Kota akan Dipindahkan ke IKN Baru

Keterangan Gambar : Ilustrasi ASN. (Doc. Int)


NEWSBONTANG.COM - Sekitar satu juta aparatur sipil negara (ASN) akan dipindahkan dalam gelombang pertama, oleh pemerintah ke Ibu Kota Negara (IKN) baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Pemindahan berkala itu akan dimulai pada 2023 sampai 2027 nanti. Dengan proporsi kurang lebih 20 persen di tiap tahunnya atau sekitar 25.500 orang per tahun.

Dengan demikian, ketika Presiden dan Wakil Presiden RI pindah ke IKN baru pada 2024, maka sekitar 20 persen ASN tersebut sudah bekerja di IKN. 

Baca Lainnya :

Dikutip melalui laman ikn.go.id,  dikatakan pemindahan itu akan memprioritaskan lembaga yang sesuai dengan kebutuhan IKN.

“Pemindahan ASN ke IKN dilakukan secara bertahap, menyesuaikan kementerian atau lembaga yang akan dipindahkan terlebih dahulu,” tulis rilis dalam laman itu.

Dari data Badan Kepegawaian Negara (BKN) jumlah ASN di pemerintah pusat sebanyak 939.236 orang atau 22,44 persen dari total keseluruhan yang terdata sebanyak 4,3 juta orang.

Sementara itu, ASN yang bekerja pada pemerintah daerah (Pemda) berjumlah sekitar 3.246.267 orang atau sekitar 77,56 persen.

(Red/NB)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.