KPU Bontang Pastikan Penggantian Pasangan Basri Rase
Pewarta : Devi

By Annas 06 Okt 2020, 12:00:08 WIB Kaltim
KPU Bontang Pastikan Penggantian Pasangan Basri Rase

NEWS BONTANG.  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bontang, memastikan adanya penggantian Wakil Wali Kota Menggantikan  Almarhum Adi Darma yang Akan Berpasangan  Basri Rase, Pada Pemilihan Kepala daerah Mendatang.

Kepastian akan adanya penggantian pasangan calon (Paslon) nomor urut satu Adi Darma itu, disampaikan Ketua KPU Kota Bontang Erwin, Selasa, (06/10) 

Untuk itu, Erwin mengaku telah melayangkan surat kepada pihak yang dimaksud untuk segera menyampaikan ke KPU Kota Bontang

Baca Lainnya :

Menurutnya, penggantian calon tetap harus melalui mekanisme dan memenuhi syarat yang telah ditentukan

Erwin menegaskan adanya tahap verifikasi administrasi dan pemeriksaan kesehatan yang harus dilalui calon pengganti 

Karenanya, nama calon pengganti sudah harus diterima oleh KPU Kota Bontang selambat-lambatnya hari ini 

Senada disampaikan Komisioner KPU Kota Bontang, Musdalifah menambahkan, pihaknya telah mengirim surat terhadap dua partai pengusung paslon yang bersangkutan, yakni PDIP dan PKB 

Surat tersebut, sambungnya, untuk memastikan ada tidaknya calon pengganti yang akan menggandeng Basri Rase. 

"Suratnya sudah disampaikan dan ternyata sudah ada juga surat balasannya yang intinya menyebutkan ada penggantian," kata Musdalifah

Diterangkan, pergantian calon itu, mengacu pada PKPU Nomor 3 Tahun 2017, sebagaimana telah diubah beberapa kali, terakhir dengan PKPU Nomor 9 Tahun 2020. 

Juga, memperhatian surat edaran KPU RI Nomor789/PL.02.2-SD/06/KPU/IX/2020 tertanggal 18 September 2020 perihal Pergantian Calon dan Surat KPU RI Nomor: 830/PL.02.2-SD/06/KPU/IX/2020 tertanggal 28 Jelang Batas Akhir Pendaftaran. 

Menurutnya, setelah semua dokumen terverifikasi, maka pada 10 Oktober mendatang akan dilakukan penetapan calon pengganti tadi

Lantas, bagaimana jika calon pengganti yang diajukan tersebut kembali dinyatakan tidak lolos verifikasi atau tak memenuhi syarat oleh KPU?

Menurut Musdalifah, pihaknya kembali membuka pendaftaran calon selama tiga hari. Slenjutnya, diputuskan untuk penetapan calon wali kota dan wakil wali kota Bontang tahun 2020 (*)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment