Pacu Kreatifitas Siswa, Guru SMPN 7 Ini Terapkan Pembuatan Display

By Annas 31 Jan 2020, 13:19:54 WIB PEMKOT
Pacu Kreatifitas Siswa, Guru SMPN 7 Ini Terapkan Pembuatan Display

Keterangan Gambar : Rakhman Halim Guru SMP Negeri 7 Bontang (Foto/Aji Sapta Dian Abdi)


NEWS BONTANG – Pendidikan adalah salah satu tolok ukur keberhasilan sebuah bangsa, mencetak generasi unggul tentu tidak lepas dari sosok seorang guru. Guru dituntut tidak hanya berbagi ilmu pengetahuan tetapi juga keterampilan untuk hidup.

Salah satunya, Rakhman Halim guru SMPN 7 Bontang. Salah satu peserta Fasilitator Daerah (FASDA) pelatihan Tanoto Foundation beberapa waktu lalu ini mengaku memiliki jurus jitu untuk memacu kreatifitas anak didiknya.

“Saya sangat terinspirasi dengan metode pembelajaran siswa aktif setelah mengikuti kegiatan fasda kemarin di Balikpapan,” ujarnya, Kamis (30/01) Pagi.

Baca Lainnya :

Kata dia, saat ini dirinya akan mencoba menerapkan pembuatan Pojok Baca, ia juga akan menerapkan pembuatan display. Menurutnya dengan pembuatan display akan mampu menggali potensi kreatifitas dari setiap siswanya.

“Hasil Display yang di buat nantinya akan dipajang dalam ruang kelas, ketika si anak melihat milik temannya lebih baik otomatis rasa tidak mau kalah. Akan tumbuh minat untuk lebih kreatif lagi,”  tuturnya.

Kedepa setelah membuat pojok baca dan pembuatan display, Rakhman juga berencana kembali menghidupkan gerakan seribu buku. Yakni guna meningkatkan minat baca siswa.  

“Jadi buku-buku yang masih layak pakai yang berasal dari para guru dan komite sekolah kita kumpulkan untuk para siswa/siswi nantinya,” katanya.

Dalam kesempatan itu, kepada reporter newsbontang Rakhman mengungkapkan semua pengalaman yang diperoleh selama mengikuti Fasda akan benar-benar berupaya ia terapkan.

Kata dia, selama ini banyak metode pelajaran yang ia terapkan namun metode Tanoto Foundation benar-benar mengajarkan cara bagaimna mendorong murid yang harus lebih aktif dari para guru.

Sebagai informasi, Fasda adalah salah satu wujud program kerjasama antara Pemerintah Kota Bontang dengan Tanoto Foundation sesuai dengan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkot dan Tanoto sejak Desember 2019. (*/Asda/NB).




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment