Pendidikan Tingkat PAUD Sangatlah Penting Bagi Dasar Tumbuh Kembang Anak, Ini Penjelasannya
Pewarta : Risma

By Annas 04 Nov 2020, 09:04:08 WIB PEMKOT
Pendidikan Tingkat PAUD Sangatlah Penting Bagi Dasar Tumbuh Kembang Anak, Ini Penjelasannya

Keterangan Gambar : Kepala Bidang Pembinaan Paud dan Pendidikan Non Formal Disdikbud Kota Bontang Yuti Nurhayati


NEWS BONTANG- Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan, sebagai bentuk bantuan bagi pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki

kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

 

Baca Lainnya :

Tujuan utamanya adalah untuk membentuk anak yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar, serta mengarungi kehidupan setelah dewasa kelak.

 

"Pendidikan Anak Usia Dini sangat penting bagi perkembangan anak, karena pada periode anak tersebut inilah, tahapan golden age atau (masa emas anak). Jadi harus dimanfaatkan orangtua sebaik mungkin," ujar Kepala Bidang Pembinaan Paud dan Pendidikan Non Formal Disdikbud Kota Bontang Yuti Nurhayati saat ditemui di ruangannya, Senin (02/11) pagi.

 

Ia menambahkan, dengan melalui pendidikan PAUD, bukan hanya mengenalkan anak pada aktivitas fisik dan berkenalan dengan teman sebaya, tetapi juga mendapat manfaat lainnya.  

 

"Kalau diperkenalkan sejak dini, ketika memasuki SD kan anak tidak kaget lagi. Ini akan sangat bermanfaat bagi perkembangan si anak, ketika memasuki jenjang SD anak sudah dapat bersosialisasi dengan teman nya. Kelihatan kok perbedaan nya anak yang PAUD dengan anak yang langsung masuk jenjang SD," imbuhnya.

 

Tak hanya itu, tidak ada kriteria usia berapa anak memasuki PAUD karena setiap anak memiliki kesiapan yang tidak sama dalam mengikuti kegiatan di PAUD. Namun umumya, usia yang diterima yakni 2 tahun.

 

"Usia yang diterima rata-rata sekolah adalah 2 tahun, tapi ada juga sekolah yang menerima anak berusia 18 bulan. Meski begitu, tidak ada patokan yang pasti di usia berapa anak bisa mengikuti PAUD. Setiap anak memiliki kesiapan yang tidak sama dalam mengikuti kegiatan di PAUD," tandasnya.

 

Menurutnya, tujuan utama membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya. Dengan begitu, anak memiliki kesiapan yang optimal untuk memasuki pendidikan dasar, serta menjalani kehidupan setelah dewasa nanti.

 

"Kan bagaimana pun masa depan bontang 10 sampai 20 tahun kedepan ada di tangan anak- anak kita saat ini, maka sejak dini harus dibentuk karakter yang baik, maka ketika dewasa nanti Isya Allah karakter baik tersebut akan tetap bertahan," tandasnya.

 

Sebagai informasi, Pendidikan Anak Usia Dini merupakan jenjang pendidikan sebelum memasuki Sekolah Dasar (SD). Jenjang pendidikan ini memiliki ruang lingkup yang terbagi menjadi tiga tahap, yaitu bayi (usia 0-1 tahun), balita (usia 2-3 tahun), dan kelompok bermain (usia 4-6 tahun).


Golden age ialah masa emas anak yang merupakan masa penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya. Pada masa golden age, pembentukan sistem saraf secara mendasar sudah terjadi.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment