Pilkada 2020, KPU Bersiap Terapkan E-Rekap

By Annas 24 Jan 2020, 07:39:53 WIB Daerah
Pilkada 2020, KPU Bersiap Terapkan E-Rekap

Keterangan Gambar : Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Bontang Antoni Lamini saat menjelaskan E-Rekap di hadapan awak media, (Foto/Mirah Hayati).


NEWS BONTANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah mempersiapkan uji coba sistem rekapitulasi elektronik  (E-Rekap) yang nantinya akan digunakan pada Pilkada 2020.

Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Bontang, Antoni Lamini menyatakan, pihaknya terus berkonsultasi terkait penggunaan sistem ini.

Baca Lainnya :

"Sistemnya sudah sekitar 90 persen dan dilakukan uji coba terus sebelum digunakan,” ujarnya saat sosialisasi tahapan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Kamis (23/1/2020) Malam.

Fungsi e-rekap adalah untuk memberikan transparansi kepada masyarakat dengan langsung melihat perolehan angka pasangan calon secara Nasional. Meski begitu, Antoni menekankan bahwa KPU juga tetap melakukan perhitungan secara manual guna membandingkan data.

Kata dia, e-rekap nantinya akan dioprasikan melalui smartphone android. Sebelum digunakan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan dibekali cara menggunakan android dengan benar. Nomor yang digunakan pun harus terdaftar secara nasional.

Ditambahkan, Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KPU Bontang Musdalifah Machmud, e- rekap adalah salah satu wujud upaya untuk meminimalisir kecurangan ditingkat PPS dan PPK.

"Nanti ditingkat PPS sudah bisa mengirim data langsung ke KPU pusat, sehingga bisa langsung dilihat berapa perolehan suara yang ada di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS)," terangnya.

Nantinya dengan diterapkannya e-rekap, KPU kemungkinan tidak akan lagi menggunakan formulir C-1 karena dianggap sering terjadi kecurangan oleh oknum-oknum yang selama ini terjadi. Hal ini juga akan mengurangi pemakaian kertas, namun tidak menghilangkan tahapan e-rekapitulsi di tingkat Kecamatan. (Mira/NB).




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment