Puguh Optimis, Target Investasi di Kaltim tahun 2022 Capai Rp54 Triliun

By Annas 25 Mei 2022, 13:34:07 WIB Kominfo Kaltim
Puguh Optimis, Target Investasi di Kaltim tahun 2022 Capai Rp54 Triliun

Keterangan Gambar : Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kalimantan Timur gelar Workshop Pemetaan Potensi dan Peluang Investasi di Ballroom Hotel Aryaduta Bandung, Rabu (25/5/2022). (Doc. Int)


NEWSBONTANG.COM - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kalimantan Timur gelar Workshop Pemetaan Potensi dan Peluang Investasi di Ballroom Hotel Aryaduta Bandung, Rabu (25/5/2022).


Dalam kesempatan itu, Puguh Harjanto yang merupakan Kepala DPMPTSP Kaltim mengatakan bahwa realisasi investasi di Benua Etam pada tahun 2021 naik secara signifikan.

Baca Lainnya :


Kenaikan ini pun menjadi salah satu keberhasilan dari sisi Pengendalian dan Pelaksanaan Investasi (Dalak) jika dilihat pada tahun 2022.   


Seiring naiknya target Nasional yang terdistribusi di kabupaten/kota di provinsi. Puguh membeberkan bahwa Kaltim juga ada kenaikan, target yang awalnya Rp42 triliun naik menjadi Rp54 triliun untuk tahun 2022.


"Sebagai langkah antisipasi strategis, kita harus melakukan upaya-upaya peningkatan investasi, selain dari sisi Dalak. Pada intinya  kita juga harus mengeksplorasi potensi Kaltim. Salah satu dengan pemetaan potensi dan peluang investasi," ungkapnya.


Mengenai prosesnya, nanti ada Investment Project Ready To Offer (I-PRO) yang di desain beberapa tahun terakhir bekerja sama dengan Bank Indonesia Kaltim.


Dari segi hasil memang belum maksimal, maka perlu direview kembali strategi penyusunannya terutama di provinsi, khususnya di kabupaten/kota, mengingat potensi ini dibreakdown lebih jauh agar maksimal di tahun 2022, untuk selaras dengan target Nasional.


Dari sisi mapping strategi investasi jelas Puguh, Kaltim harus menambah potensi peluang investasi yang baru dengan mengeksplorasi lebih jauh, agar apa yang ditargetkan bisa tercapai dengan baik.


Salah satunya, dengan melaksanakan fungsi Dalak yaitu memantau, memonitor dan mengevaluasi investasi di lapangan.


"Apakah pelaporan sesuai ataukah proyeknya ada kendala dari sisi izinnya, aspek sosial dan lingkungan. Sehingga berpotensi tidak tercapainya target dari sisi investasi. Maka kita lakukan Dalak di lapangan agar realisasinya tercapai maksimal sesuai target,” jelasnya.


Target investasi di Kaltim tahun 2022, DPMPTSP Kaltim menargetkan Rp54 triliun. Harapannya target tersebut juga diimbangi langkah strategi yang harus dilakukan. 


Selain dari sisi Dalak, juga harus banyak menggali potensi yang baru untuk dieksplor lebih jauh dengan cara pemetaan dan peluang investasi.


“Untuk pencapain target, kita tetap optimis, karena di triwulan I, sudah mendapatkan Rp14 triliun. Jika itu regular dihitung kali empat tentu bisa lebih Rp54 triliun. Biasanya tren mereka pada triwulan tiga dan empat bisa lebih maksimal nilainya. Semoga trennya bisa positif, ditambah lagi perkembangan Covid-19 yang terkendali dengan baik,” harapnya.


Selain mengeksplorasi potensi baru di Kaltim, jajarannya terus membangun komunikasi antara pelapor (perusahaan-perusahaan) yang beraktivitas di Benua Etam dengan tim DPMPTSP kabupaten/kota dan provinsi.


"Hal itu sebagai langkah untuk mengetahui kendala dalam percepatan investasi di Kaltim, termasuk mengoreksi dan memperbaiki kendalanya," paparnya. (Yud/NB/Adv/KominfoKaltim)


Yuk! Join ke kanal telegram “NB Buddy Update” newsbontang.com untuk mendapatkan informasi terbaru. Caranya tekan link: //t.me/newsbontangupdate, kemudian pilih join.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.