Saefuddin Zuhri Motori Lahirnya SIJAKA, Bawa Visi Penyatuan Tanpa Sekat

By Annas 26 Mar 2022, 16:33:24 WIB Kaltim
Saefuddin Zuhri Motori Lahirnya SIJAKA, Bawa Visi Penyatuan Tanpa Sekat

Keterangan Gambar : Ketua DPP SIJAKA Saefuddin Zuhri. (Doc. NB)


NEWSBONTANG.COM - Warga di Kalimantan Timur yang memiliki pertalian darah dengan keturunan suku jawa, patut menunggu kelahiran organisasi kedaerahan baru. Namanya Silaturahmi Keluarga Jawa Kalimantan (SIJAKA).

SIJAKA lahir di tengah besarnya organisasi kedaerahan dengan lumbung massa yang serupa. Hanya saja, organisasi ini punya sedikit corak yang berbeda. Lebih plural.

Artinya, organisasi ini tak lagi hanya sebatas keturunan darah dengan orang tua diatasnya. Tapi unsur di dalam keluarga meski berbeda suku tetap dianggap dalam keluarga besar organisasi ini.

Baca Lainnya :

Itu yang membuat SIJAKA terlihat lebih menarik. Bahkan berpotensi memiliki simpatisan yang besar. Karena aturan organisasi tak dibuat kaku.

SIJAKA pun memiliki pendiri yang berlatarbelakang jawa yang kuat. Lahir dari lingkungan keluarga yang mayoritas suku jawa. Saefuddin Zuhri, memiliki mimpi untuk menyatukan kekuatan keluarga jawa di Kaltim, secara data suku jawa mencapai 35 persen dari populasi yang ada di Kaltim.

Saat ini pun, Saefuddin Zuhri sudah dinobatkan sebagai pemimpin organisasi itu. Berpusat di Kaltim, ia pun sudah membentuk struktur hingga tingkat kelurahan. 

Bahkan sudah memiliki sekretariat. Berada persis di Folder Air Hitam, Air Hitam, Samarinda Ulu, Samarinda. Ditetapkan sebagai kantor Dewan Pengurus Pusat alias DPP.

Ditemui di sekretariat SIJAKA yang berada disalah satu gedung dikawasan Folder Air Hitam, Saefuddin Zuhri menegaskan bahwa SIJAKA adalah organisasi yang tidak kaku didesain merangkul massa yang lebih luas, dari berlatar belakang asli keturunan hingga hubungan kekerabatan dengan orang Jawa. 

"Orang jawa kelahiran jawa, orang jawa kelahiran Kalimantan bisa dan boleh bergabung di SIJAKA tidak ada peraturan yang mengikat untuk bergabung dengan SIJAKA, bahkan pasangan suami istri yang salah satunya orang jawa bisa bergabung di SIJAKA," jelasnya. 

Format tim pun dijelaskannya, Saefuddin Zuhri, menyatakan akan memberikan ruang khusus bagi anak muda yang pernah sekolah di Pulau Jawa. 

Alasannya, dengan paham kultur dan budaya dari tanah Jawa. Dianggap kalangan itu dapat membawa pengaruh yang positif dalam pelestarian budaya jawa di tanah rantau.

"Anggota khusus yaitu orang yang pernah berkuliah atau menginjak tanah jawa dan mengenal kesukuan jawa bisa bergabung dengan SIJAKA," bebernya.

Sudah menyusun kekuatan di internal. Ia merasa sudah waktunya untuk mendeklarasikan diri. Memperkenalkan ke publik organisasi kedaerahan gaya baru ini.

Bakal dihelat di Hotel Aston Samarinda. Saefuddin Zuhri, bersama dengan pengurusnya akan dilantik pada Minggu (27/3/2022) esok. 

Pun persiapan diklaim sudah matang. Tamu yang akan dihadirkan pun seluruh organisasi kedaerahan yang berdomisili di Kaltim.

Dengan mengusung tema 'Dengan Bersatu dan Bekerja sama kita wujudkan Kaltim Berdaulat', pelantikan nanti dipastikan akan mencuri perhatian orang nomor satu di Kaltim, Gubernur Isran Noor.

Diketahui, pengurus DPP akan diisi oleh H Saefuddin Zuhri selaku Ketua Umum DPP, Wakil Ketua Umum ditempati Hariyanto. Sekertaris akan diberikan kepada Teguh Winarno, dan Bendahara Mujiono. 

“Isran Noor juga menjadi salah satu undangan,” ujar Politisi senior di Partai NasDem itu.

Di akhir, Saefuddin Zuhri, menyampaikan harapan besarnya dengan lahirnya organisasi ini, untuk pelestarian budaya dan bisa jadi topangan kesejahteraan masyarakat. Khususnya yang berdarah jawa. (Red/NB)

Demi memberikan kemudahan akses baca berita newsbontang.com, kami membuka grup di platform sosial media telegram untuk pembaca setia newsbontang.com. Mari bergabung di Grup Telegram "NB Buddy Update", dengan cara klik link https://t.me/newsbontangupdate, kemudian join.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.