Serahkan RKA ke Sekolah, Disdikbud Ingatkan untuk Lebih Teliti

By Annas 01 Feb 2020, 09:31:13 WIB PEMKOT
Serahkan RKA ke Sekolah, Disdikbud Ingatkan untuk Lebih Teliti

Keterangan Gambar : Kepala Disdikbud Bontang Ahmad Suharto didampingi Kepala Bidang Pendidikan Dasar Saparudin Saat Menyerahkan RKA Sekolah (Foto/Aji Sapta Dian Abdi)


NEWS BONTANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Bontang menggelar penyerahan Rencana Kerja Anggaran(RKA) kepada Kepala Sekolah SDN dan SMPN se-Kota Bontang, di Ruang Rapat Gedung Disdikbud, Jumat (31/01) Pagi.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Disdikbud Bontang Ahmad Suharto, didampingi Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Saparudin mengingatkan agar Sekolah lebih tertib dalam penyusunan dan pelaporan data Daftar Penggunaan Anggaran (DPA).

”Dimohon kalau diminta kumpulkan DPA segera di dikumpul, kan yang diminta hanya fhoto copy nya saja, ujarnya.

Baca Lainnya :

Dicontohkannya, ada beberapa Sekolah belanja di satu toko yang sama dan ada juga sekolah yang melakukan belanja di toko yang berbeda.  Namun dalam nota pembelian memiliki harga yang berbeda-beda, hal ini yang harus diperhatikan bersama khawatir menjadi temuan saat adanya pemeriksaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Begitu saya kumpulkan dan saya cek kok sekolah A dengan sekolah B berbeda harganya, saya hanya mengingatkan  seperti apa yang di sampaikan pihak inspektorat sebagai  badan pencegahan,” terangnya.

Lebih lanjut, ia mengingatkan Kepala Sekolah jika pada posisi keuangan, bertindak bukan sebagai Kepala Sekolah namun sebagai Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK). Sebagai pengguna anggaran (PA), selaku pengendali dan pengawas sebelum pelaporan yang ada masuk ke ranahnya Inspektorat.

“Bukan ingin mengotak-atik anggaran Sekolah, sama-sama saling mengingatkan. Jika terjadi masalah tidak hanya Bapak dan Ibu saja yang dipanggil dan diperiksa, kami dari Dinas juga pasti akan terkena dampaknya, tegasnya.

Ahmad Suharto pun berharap dengan adanya pertemuan ini Kepala Sekolah bisa memahami tugasnya selaku PPTK dalam keuangan. Serta setiap sekolah dapat lebih bijak dan teliti dalam penggunaan keuangan Sekolah. (*/Asda/NB).




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment