Tahun Ini Dana Bos Langsung ke Sekolah, Disalurkan 3 Tahap

By Annas 01 Feb 2020, 11:15:14 WIB PEMKOT
Tahun Ini Dana Bos Langsung ke Sekolah, Disalurkan 3 Tahap

Keterangan Gambar : Kepala Disdikbud Kota Bontang Ahmad Suharto, Saat Penyerahaan RKA Sekolah (Foto/Aji Sapta Dian Abdi)


NEWS BONTANG – Skema penyaluran dana bantuan operasional sekolah (BOS) tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dana dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan langsung ditransfer ke rekening sekolah tanpa harus melalui rekening kas umum daerah (RKUD).

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Bontang Ahmad Suharto, saat penyerahaan Rencana Kerja Anggaran (RKA) Sekolah, Jumat (31/01) Pagi.

”Kita minta Sekolah untuk lebih teliti, utamanya dalam hal administrasi pada setiap penggunaan dana yang dikeluarkan,” ujarnya.

Baca Lainnya :

Kata dia, selain itu pada tahun ini penyaluran dana BOS akan dilakukan dalam 3 tahap. Tidak seperti tahun sebelumnya yang dilakukan secara 4 tahap.

Ahmad Suharto pun mengingatkan setiap penggunaan dana yang dikeluarkan nantinya agar benar-benar  dicatat dan setiap nota pembelian harus tersimpan dengan baik. Menurutnya hal itu sangat penting, agar kedepannya tidak menjadi temuan saat terjadi pemeriksaan.

Kata dia, untuk tahun 2020 ini harga satuan dana BOS mengalami kenaikan untuk 1 peserta didik dari tahun sebelumnya.

“Untuk SD sebelumnya Rp. 800 ribu menjadi Rp. 900 ribu SMP sebelumya Rp. 1 juta menjadi Rp. 1 juta seratus ribu dan SMA sebelumnya Rp. 1 juta empat ratus ribu menjadi Rp. 1 juta lima ratus ribu, serta SMK dan Sekolah Luar Biasa (SLB) tetap,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ahmad Suharto menjelaskan, jika pada 2019 untuk pembelian buku text dan non text di batasi sebanyak 20 buah saja. Tahun 2020 ini tidak ada pembatasan.

“Pembelian buku text tahun ini tidak di batasi. Jadi disesuaikan dengan kebutuhan sekolah,” pungkasnya. (*/Asda/NB).




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment