Wujudkan SPBE Ideal Butuh Kolaborasi Harmonis Perangkat Daerah se-Kaltim

By Annas 24 Mei 2022, 18:27:04 WIB Kominfo Kaltim
Wujudkan SPBE Ideal Butuh Kolaborasi Harmonis Perangkat Daerah se-Kaltim

Keterangan Gambar : Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Di Jati Sungkai Room Hotel Jatra Balikpapan, Selasa (24/5/2022). (Doc. Int)


NEWSBONTANG.COM - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Di Jati Sungkai Room Hotel Jatra Balikpapan, Selasa (24/5/2022).


Wakil Gubernur Hadi Mulyadi melalui Plt Pemerintahan dan Kesra Prov Kaltim, Deni Sutrisno mengatakan bahwa SPBE merupakan program kerja yang melibatkan seluruh Perangkat Daerah di lingkup pemerintah daerah.  

Baca Lainnya :


"Dalam penyelenggaraan pemerintah, diperlukan kolaborasi yang harmonis dari semua perangkat daerah agar penerapan SPBE bisa berjalan maksimal dan ideal," ungkapnya.


SPBE bukan hanya sekedar penggunaan aplikasi dari suatu sistem informasi dalam mendukung pengerjaan operasional kegiatan keseharian pemerintahan.   


Lebih dari itu, SPBE meliputi beberapa domain antara lain domain kebijakan internal, tata kelola, manajemen serta layanan.


Karenanya, dari pengertian SPBE ini ada tiga kata kunci penting di antaranya penyelenggaraan pemerintah, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta layanan.


Selain itu, SPBE merupakan inisiatif program kerja pemerintah untuk meningkatkan kinerja birokrasi pemerintah, di mana proses penerapan SPBE yang ideal menuju transformasi pemerintahan digital hanya bisa dicapai melalui sinergitas rencana strategis (RENSTRA) dan kolaborasi dari semua Perangkat Daerah.


“Kita tentu berharap dengan akselerasi transformasi digital di instansi pemerintah melalui penerapan SPBE yang terpadu, mampu menjawab tantangan untuk mewujudkan birokrasi yang lebih efisien, efektif dan berkinerja tinggi,” jelasnya.


Rakor ini pun diharapkan dapat diterapkan secara menyeluruh, sistematis serta dinamis untuk terwujudnya harmonisasi penerapan SPBE bagi kemajuan negara dan bangsa.


Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim Muhammad Faisal membenarkan bahwa SPBE mendukung semua area perubahan.


Hal ini sebagai upaya mendasar dan menyeluruh dalam pembangunan aparatur negara untuk akselerasi pencapaian birokrasi berkelas dunia. 


"Kegiatan ini merupakan tugas seksi pengelolaan e-Govermnent dalam rangka pembinaan, pengawasan, pengendalian dan evaluasi SPBE di Benua Etam," paparnya.


Dengan tema "Melalui Revitalisasi Penerapan SPBE Kita Wujudkan Transformasi Pemerintahan Digital". Maka secara khusus, SPBE ditempatkan pada area perubahan tatalaksana dimana penerapan sistem, proses dan prosedur kerja yang transparan, efektif, efisien dan terukur. 


"Alhamdulillah tahun ini kita dapat pendampingan khusus dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, ini berkah IKN sehingga percepatan transportasi digital sangat dibutuhkan," ucapnya. 


SPBE tidak bisa dipimpin Kominfo, yang harus memimpin adalah Sekda kemudian perlu kerja sama dengan Ortal, Bappeda, BPKAD dan Kominfo.


"Semoga SPBE ini mendapat banyak dukungan dari berbagai pihak. Saat ini, Kaltim sedang memulai di tahap integrasi. Butuh proses untuk menggabungkan semua kabupaten/kota dengan berbagai data yang ada," tegasnya. (Yud/NB/Adv/KominfoKaltim)


Yuk! Join ke kanal telegram “NB Buddy Update” newsbontang.com untuk mendapatkan informasi terbaru. Caranya tekan link: //t.me/newsbontangupdate, kemudian pilih join.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.