DKP3 Monitoring Pasar Tamrin : Harga Naik, Stok Aman

By Annas 15 Jul 2021, 13:50:13 WIB Ekonomi
 DKP3 Monitoring Pasar Tamrin : Harga Naik, Stok Aman

Keterangan Gambar : Suasana pemantauan harga pangan di pasar Taman Rawa Indah (Tamrin), Tanjung Laut, Bontang Selatan, pada Kamis (15/7/2021). (Doc. Ian/NB)


NEWSBONTANG.COM -  Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKP3) Bontang, melaksanakan kegiatan rutin tiap tahunan untuk memantau harga pangan jelang hari raya Idul Adha, di Pasar Taman Rawa Indah (Tamrin), Tanjung Laut, pada Kamis (15/72021).


Sekertaris DKP3 Bontang, Amran, menuturkan pemantauan harga pasar sebelum lebaran ini, agar pemerintah dapat mengetahui situasi harga untuk selanjutnya akan dikeluarkan kebijakan apabila terjadi lonjakan harga yang signifikan.

Baca Lainnya :


"Setiap  tahun seperti ini, kami selalu memantau baik pasokan maupun harga dilapangan," kata Amran, ditemui usai melakukan monitoring.


Dalam monitoring kali ini, ia mengakui, setiap menjelang hari raya harga cabai dan bawang mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

 

Harga cabai rawit masih relatif tinggi, dari harga sebelumnya sekira Rp 40 ribu, mulai bergerak naik ke angka Rp 70 ribu /Kg. Sementara bawang merah alami kenaikan sebesar Rp 10 ribu, menjadi Rp 38 ribu /kg.


Diketahui, cabai yang dipasarkan di Bontang, merupakan cabai dari Samarinda dan Sulawesi. Petani lokal hanya memproduksi sebesar 10 persen.


"Jika dibandingkan dengan harga rata-rata dari awal tahun 2021 yang mencapai lebih dari Rp. 100.000, harga saat ini sudah turun," ungkapnya.


Sementara bahan pangan daging ayam besar mengalami kenaikan, dari harga biasanya Rp 60 ribu menjadi 70 ribu /Kg. Sementara telur ayam pun mengalami kenaikan sebesar Rp 3 ribu, menjadi Rp 55 ribu.


Kejadian serupa juga terjadi di Pasar Citra Mas Lok Tuan, namun tidak terlalu signifikan.


"Pada umumnya stabil cuman disini ada daging ayam yang mengalami kenaikan Rp. 8.148 dari harga seperti biasanya," jelasnya.


Ia juga menyampaikan, ketersediaan stok pangan di Kota Bontang saat ini masih aman. Akan tetapi, pihaknya akan terus melakukan monitoring untuk memastikan ketersediaan bahan pokok di pasar. 


"Secara umum selama ini pasokan aman-aman saja sih mudah-mudahan begitu terus," tandasnya. (Ian/NB)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.