4 Tips Memilih Ikan yang Masih Segar, Lihat Sisik dan Insangnya
Redaksi Newsbontang

By Annas 25 Agu 2020, 12:35:13 WIB Kuliner
4 Tips Memilih Ikan yang Masih Segar, Lihat Sisik dan Insangnya

NEWS BONTANG, Ikan menjadi salah satu makanan sumber nutrisi yang paling direkomendasikan para ahli gizi. Selain tinggi protein, ikan juga kaya akan asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan otak hingga jantung. 

Namun, sebelum mengonsumsinya, Anda harus memilih ikan yang segar dan berkualitas. Ikan segar memiliki nutrisi yang lebih baik dibandingkan yang sudah tidak segar.

Bagaimana mengetahui ikan tersebut masih segar atau tidak? Chef Ervan Syamsul membagikan tipsnya di acara Festival Ekonomi Syariah Kawasan Timur Indonesia menuju ISEF 2020, Selasa, 25 Agustus 2020.

Baca Lainnya :

1. Insang merah

Salah satu cara melihat kesegaran ikan adalah dengan memperhatikan insangnya yang ada di dua sisi kepala. Saat penutupnya dibuka, insang ikan yang segar masih berwarna merah. Jika sudah berwarna abu-abu atau cokelat, itu berarti ikan sudah tak segar lagi.

2. Aroma
Ikan memiliki aroma yang khas. Jika sudah berbau amis yang menyengat, itu berarti ikan sudah tersimpan lama di suhu ruang.

3. Sisik dan mata

“Kalau sisiknya banyak yang rontok, itu artinya ikan sudah tidak segar,” kata Chef Ervan. Ikan segar harusnya memiliki sisik yang masih tersusun rapi.

Selain sisik, Anda juga bisa melihat kesegaran ikan dari matanya. “Kalau matanya bening, itu berarti masih segar. Kalau sudah buram, ikannya sudah tidak bagus,” ujar dia saat demo masak “Teknik Mengolah Ikan agar Halalan Thoyyiban”.

4. Daging kenyal

Ketika ditekan, harusnya daging ikan kembali lagi. “Kalau ditekan dan terlihat seperti ada bolong bekas tekanan, itu artinya sudah tidak segar,” ujar Chef Ervan.**Tempo.co




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.