Dewan Desak Pemkot Selesaikan Kebutuhan Air Bersih Masyarakat Kota Taman

By Annas 18 Mei 2021, 14:18:51 WIB DPRD
Dewan Desak Pemkot Selesaikan Kebutuhan Air Bersih Masyarakat Kota Taman

Keterangan Gambar : Situasi pemantauan lokasi penampungan dan pengolahan air bersih oleh seluruh Komisi III DPRD Bontang, di Perumda Tirta Taman, Bontang Barat. (Doc. Humas DPRD Bontang)


NEWSBONTANG.COM – Anggota Komisi III DPRD Bontang, mendesak pemerintah untuk segera membuat langakah konkrit dalam menyelesaikan permasalahan air bersih di Bontang.

Alternatif penggunan air baku dari void atau lubang eks tambang dapat segera tersealisai, jika Bontang ingin keluar dari masalah kelangkaan air bersih yang ditaksir mencapai 200 liter setiap detik.

"Pemkot harus segera kerja, karena saat ini sudah defisit air baku," kata Abdul Samad seusai rapat kerja bersama Perumda Tirta Taman, Selasa (18/5/2021).

Baca Lainnya :

Diketahui, April lalu dewan telah membentuk tim percepatan untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Air dari void PT Indominco, setelah diteliti ternyata memang layak untuk diolah menjadi air konsumsi sehari-hari masyarakat. Hasil kajian pun resmi dikeluakan oleh internal perusahaan dan Politeknik Samarinda. 

Samad sapaannya, mengatakan saat ini pemerintah hanya tinggal menyelesaikan penganggaran biaya pipanisasi, dari kolam void menuju Perumda Tirta Taman.

Penyelesaian perencanaan pun diperkirakan akan rampung dalam dua bulan mendatang.

"Inikan mempercepat proses, agar penggunaan bekas galian tambang ini cepat disikapi," ungkapnya.

Diketahui, KLHK telah memberikan lampu hijau dalam pengerjaan proyek ini. Hutan Taman Nasional Kutai (TNK) yang akan dilalui jalur pipa, diperkirakan tidak akan merusak kondisi hutan. (Red/NB)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.