Dewan Minta Bapenda Jeli Lihat Potensi Pajak Dari Sektor Kelautan

By Annas 14 Jun 2021, 16:25:09 WIB DPRD
Dewan Minta Bapenda Jeli Lihat Potensi Pajak Dari Sektor Kelautan

Keterangan Gambar : Wakil Ketua DPRD Bontang, Agus Haris. (Doc.Ist)


NEWSBONTANG.COM - Wakil Ketua DPRD Bontang, Agus Haris, mendorong Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Bontang untuk bekerja lebih keras lagi dalam mengumpulkan hasil pajak untuk menambah nilai Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Bapenda disarankan untuk jeli melihat potensi pajak dari sektor perairan dan kelautan di Bontang. Mengingat 75 persen luasan Bontang merupakan wilayah laut.

"Bapenda bisa memanfaatkan infrastruktur yang ada dalam meningkatkan peluang pajak, daerah kita ini laut jadi potensinya juga besar," kata Agus Haris saat ditemui awak media beberapa waktu lalu.

Baca Lainnya :

Hal ini menjadi tantangan untuk pemerintah daerah, sebab masih banyak program yang telah direncanakan akan tetapi tidak ditopang dengan biaya yang memadai. Maka harus dengan penghasilan daerah sendiri.

Politisi Gerindra ini, menyatakan Bontang tidak bisa berharap banyak dari dana bagi hasil (DBH) yang pemasukannya juga tidak memberikan dampak yang berarti bagi keuangan daerah.

Pun menurutnya, hal itu bukan wilayah dari Pemkot dalam mengawasi pendapatan dari masing-masing perusahaan yang ada di Bontang.

"Karena untuk mendapatkan APBN itu harus kita mencari sendiri, tidak bisa mengandalkan Dana Bagi Hasil (DBH) karena sudah ada porsinya," bebernya.

Meski begitu, ia tetap mengakui kinerja dari Bapenda Bontang, yang terpantau selama tiga tahun belakangan ini terus memperlihatkan pertumbuhan PAD.

"Jalan tiga tahun ini sudah ada penambahan PAD, jadi kalau bisa mencapai target 500 miliar itu sudah sehat," pungkasnya. (Ian/NB/Adv)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.