Disdukcapil Bontang Sebut Seluruh Layanan Administrasi Kependudukan Gratis
redaksi

By Annas 22 Nov 2023, 17:30:52 WIB Daerah
Disdukcapil Bontang Sebut Seluruh Layanan Administrasi Kependudukan Gratis

Keterangan Gambar : Kepala Dinas Disdukcapil Kota Bontang Budiman Saat Di Wawancara


NEWS BONTANG - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bontang menegaskan pengurusan dan penerbitan administrasi kependudukan gratis alias tidak dipungut biaya.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Disdukcapil Kota Bontang, Budiman saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu. Katanya, dalam mengurus surat kependudukan tidak dikenakan biaya. Pasalnya seluruh pengurusan dokumen kependudukan sudah diatur dalam Undang-Undang dan biayanya ditanggung negara.

“Kita sudah sampaikan imbauan kepada masyarakat bahwa semua pelayanan gratis,” ujarnya.

Baca Lainnya :

Jika kemudian ada petugas yang memungut biaya atas jasa layanan pembuatan dokumen kependudukan, masyarakat diminta segera melapor.

"Supaya petugas bersangkutan bisa segera ditindak tegas," ucapnya.

Lebih lanjut, Pihaknya juga memberi ruang kepada masyarakat yang ingin mengurus administrasi kependudukan agar mendapatkan pelayanan  prima.

Hal itu, untuk mempermudah dan sebagai bentuk transparansi pelayanan kepada masyarakat. Agar tidak timbul gratifikasi dan calo yang meresahkan warga yang hendak mengurus data diri.

“Jadi masyarakat bisa langsung menghubungi di nomor yang sudah kita sematkan di portal. Bisa diakses di disdukcapil.bontangkota.go.id. Sementara nomor aduan yang sudah disiapkan yaitu 082-255-066-266,” sebutnya.

Sebagai informasi, Undang-Undang (UU) yang menyatakan pengurusan dan penertiban dokjmen kependudukan tidak dikenakan biaya, yaitu UU Nomor 24 Tahun 2013 tentang perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan Ayat 79A.(ADV)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.