DKP3 : PPKM Darurat Pengaruhi Daya Beli Masyarakat

By Annas 15 Jul 2021, 17:17:14 WIB Ekonomi
DKP3 : PPKM Darurat Pengaruhi Daya Beli Masyarakat

Keterangan Gambar : DKP3 Bontang sedang menghampiri lapak pedagang ayam, dalam memastikan ketersedianan pangan jelang hari raya Idul Adha 1442 H, pada Kamis (15/7/2021). (Doc. Ian/NB)


NEWSBONTANG.COM -  Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian (DKP3) Bontang, memastikan ketersediaan bahan pokok di tiga pasar induk di Bontang tidak berpotensi kelangkaan, jelang hari raya Idul Adha 1442 H.


Sekretaris DKP3 Bontang, Amran, menuturkan tingkat permintaan sejumlah komoditas menjelang hari raya kali ini terbilang menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya.


"Kalau stok komoditas stabil. Permintaan tidak terlalu meningkat jelang lebaran Idul Adha ini," kata Amran, usai monitoring rutin di Pasar Tamrin, Tanjung Laut, Bontang Selatan, pada Kamis (15/07/2021) pagi tadi. 

Baca Lainnya :


Lebih lanjut, Amran menjelaskan menurunnya jumlah pembeli di pasar merupakan akibat dari penerapan kebijakan pembatasan aktivitas warga melalui aturan PPKM Darurat, yang berlaku hingga 20 Juli 2021 mendatang. 


"Memang menurun. Apalagi kan banyak kebijakan pembatasan seperti PPKM Darurat. Jadi wajar, permintaan kurang meningkat," ungkapnya.


Selain itu, adanya pedagang yang masih berjualan di luar lokasi pasar, diklaim menjadi salah satu penyebab menurunnya jumlah pengunjung pasar. 


"Pengaruhnya jugakan, banyak masyarakat males naik ke pasar. Karena memilih belanja di luar," tandasnya.


Amran pun memastikan akan sigap dalam mencegah aktivitas ilegal atau penimbunan bahan pangan, yang mengakibatkan harga kembali meroket.


"Kalau antisipasi penimbunan pastinya tidak akan lepas dari pengawasan kami," pungkasnya. (Ian/NB)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.