Gemuruh Siapkan Kekuatan Buruh di Kaltim

By Annas 11 Jul 2021, 15:49:13 WIB Kaltim
Gemuruh Siapkan Kekuatan Buruh di Kaltim

Keterangan Gambar : Foto bersama ketua DPW Gemuruh Kaltim Hesrudin Gaffur (dua dari kiri) dan Sekertaris DPW Gemuruh Kaltim Lina (dua dari kanan), dengan calon pengurus DPD Gemuruh Bontang. (Doc. NB)


NEWSBONTANG.COM - DPW Gerakan Massa Buruh (Gemuruh) Partai Nasional Demokrasi (NasDem) Kaltim, akan segera mengukuhkan 10 kepengurusan di 10 kabupaten/kota di Kaltim.

Sebelumnya, perlu untuk diketahui bahwa gemuruh merupakan sayap partai NasDem yang resmi dibentuk pada 2 September 2012 silam. Awal pembentukannya, Gemuruh langsung dipimpin oleh Irma Suryani Chaniago, sebagai ketua umum.


Sayap partai ini secara khusus dan intens menggeluti hal-ihwal menyangkut dunia perburuhan juga sebagai sumber inspirasi utama bagai Partai dalam meneruskan kebijakan-kebijakan ketenagakerjaan.

Baca Lainnya :


Semangat ini pun telah merangsek masuk ke dalam dunia perburuhan di Kaltim.


Ketua DPW Gemuruh Kaltim, Hesrudin Gaffar, mengatakan sejauh ini pihaknya tengah mempersiapkan pembangunan kekuatan buruh di seluruh daerah di Kaltim. 


Tujuannya, Gemuruh Kaltim menginginkan perwakilan buruh duduk di kursi parlemen bila tiba masanya nanti.


Pasalnya, sejauh ini persentase buruh yang menjabat sebagai anggota parlemen di Kaltim nihil. 


Secara tegas, Gemuruh memiliki keberpihakan pada buruh, dalam menyelesaikan permasalahan buruh.


“Kami punya target untuk mendudukkan kader dari buruh, ini mimpi kami semua yang berjuang dalam Gemuruh Kaltim,” kata, Hesrudin Gaffar, saat bertemu dengan awak media NEWSBONTANG.COM beberapa waktu lalu.


“Jadi keresahan yang berangkat dari kaum buruh, bisa disuarakan langsung oleh kader-kader yang nantinya ada di legislatif,” sambungnya.


Dalam mempersiapkan pondasi organisasi, dalam kurun waktu setahun kedepan pihaknya gencar membangun komunikasi untuk memberikan legalitas pengurus di Dewan Pimpinan Daerah (DPD).


Hanya saja, saat Hesrudin dan pengurus DPW Kaltim masih terhambat dengan masih tingginya penyebaran Covid-19 di Kaltim. 


Ia berencana, pasca angka penyebaran Covid-19 melandai. Ia akan segera roadshow ke seluruh daerah, untuk memberikan surat keputusan kepengurusan Gemuruh.


“Nantinya DPD Gemuruh, kami yakinkan dapat menjadi garda utama dalam menyuarakan hak-hak buruh,” ungkapnya.


Lebih lanjut, ia menjelaskan urgensi dari dibentuknya organisasi ini, merupakan hal yang sangat mendesak mengingat di seluruh daerah di Kaltim banyak menyimpan tenaga buruh yang kapan saja akan terancam tidak mendapatkan hak-nya.


Apalagi, Kaltim didapuk sebagai Ibu Kota Negara yang baru, dalam pemerintahan Joko Widodo.


“Tentu ke depan semakin banyak tantangan buruh, maka itu hadirnya Gemuruh menjadi alternatif di tengah meningkatnya juga tenaga kerja asing, hasil dari kebijakan Omnibus Law,” bebernya.


Hesrudin mengklaim, sejauh ini pihaknya telah membangun komunikasi dengan calon pengurus di setiap daerah di Kaltim, dan telah mengantongi nama-nama calon pengurus. Hanya menunggu waktu pengesahan pengurus saja. 


Pun begitu, pengurus DPW tetap akan melakukan screening terlebih dahulu, kepada calon-calon pengurus yang ada di setiap DPD.


“Kami siapkan kader yang memang kompeten, agar perjuangan ini pun bisa berjalan sesuai arah (visi-misi) organisasi,” pungkasnya. (Red/NB) 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.