Jokowi Beri Banpres Senilai 15,3 Triliun ke 12,8 Juta Pelaku Usaha Kecil-Mikro

By Annas 30 Jul 2021, 13:40:40 WIB Nasional
Jokowi Beri Banpres Senilai 15,3 Triliun ke 12,8 Juta Pelaku Usaha Kecil-Mikro

Keterangan Gambar : Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. (Doc. Int)


NEWSBONTANG.COM - Presiden Joko Widodo meluncurkan lagi Bantuan Presiden (Banpres) produktif untuk 12,8 Juta pelaku usaha mikro di seluruh Indonesia.

“Tahun 2021 ini  yang akan dibagikan untuk banpres produktif sebesar 15,3 Triliun, untuk 12,8 Juta pelaku usaha mikro-kecil,” jelas Jokowi dalam sambutannya, yang disiarkan langsung melalui siaran YouTube Sekretariat Presiden, pada Jumat (30/7/2021).

Peluncuran bantuan tersebut berdasarkan situasi penyebaran Covid-19 di Indonesia semakin meresahkan. Bahkan, untuk di daerah Jawa-Bali zona merah sudah merata hampir diseluruh wilayah.

Baca Lainnya :

“Di Pulau Jawa dan Bali kita lihat semuanya titik merah, tidak ada yang kuning. Sehingga keputusan yang sangat berat kami lakukan dengan PPKNM darurat karena tidak ada cara lain selain itu, karena melompat kasusnya,” beber Jokowi.

Sementara itu, kader PDI Perjuangan ini membeberkan data perkembangan keterisian pasien di Wisma Atlet mengalami penurunan. Tetapi, malah justru kasus di luar Pulau Jawa-Bali yang melonjak naik.

Jokowi pun menegaskan Indonesia tak bisa menerapkan kebijakan lockdown seperti halnya negara lain. Karena pertimbangan ekonomi dan kesehatan yang saat ini masih menjadi konsentrasi pemerintah.

"Itu masih semi saja sudah, semuanya menjerit, minta untuk dibuka," ujar Jokowi.

Padahal awal tahun lalu, Indonesia sudah mengalami penurunan yang signifikan dalam mengatasi penyebaran Covid-19. Hanya saja, saat ini Indonesia bahkan seluruh dunia menghadapi varian baru. Yakni Covid-19 varian Delta.

Yang dipercaya memiliki tingkat penyebaran yang lebih cepat dari jenis sebelumnya.

Jokowi mengutip pernyataan WHO tentang akhir dari penyebaran corona yang belum dapat dipastikan oleh dunia.

"Begitu virus Delta ini muncul, langsung kasus positif menjadi naik secara drastis," kata Jokowi.

Diakhir, Jokowi pun kembali mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar dapat mematuhi protokol kesehatan. Dengan tetap menggunakan masker, mencuci tangan, jangan berkerumun dan menjaga jarak.

“Ini yang terpenting untuk mencegah penularan lebih meningkat lagi,” tutup Jokowi.

Diketahui, Jokowi menggelar pemberian Banpres kepada perwakilan pelaku usaha kecil-mikro yang hadir secara langsung di Istana Merdeka dan melalui daring. (Red/NB)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.