Jokowi Hadiri KTT G20 di Italia, 3 Pemimpin Negara Absen

By Annas 30 Okt 2021, 08:32:27 WIB Internasional
Jokowi Hadiri KTT G20 di Italia, 3 Pemimpin Negara Absen

Keterangan Gambar : Presiden Jokowi tiba di Bandara di Bandara Fiumicino Roma, Italia. (Doc. Int)


NEWSBONTANG.COM - Presiden Joko Widodo menghadiri Konfensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 bersama dengan 17 Presiden dan Perdana Menteri di dunia, di Roma Italia.

 

 Jokowi diketahui telah bertolak dari Indonesia dengan menggunakan pesawat milik maskapai penerbangan Garuda Indonesia GIA-1, pada Jumat (29/10/2021) lalu. Dan telah mendarat di Bandara Fiumicino Roma, setelah menempuh perjalanan udara selama 13 Jam.

Baca Lainnya :

 

Pertemuan pemimpin negara di Roma itu akan membahas ihwal penanganan Covid-19, pemulihan ekonomi dan perubahan iklim.

 

"Udara sejuk Kota Roma menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo," menurut keterangan tertulis dari Biro Pers Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, dikutip Sabtu dini hari, 30 Oktober 2021.

 

Diketahui, Presiden Jokowi membawa rombongan menteri yang telah lebih dulu tiba di Roma. Yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

 

Para pemimpin ekonomi utama dunia berkumpul di Roma untuk menghadiri pertemuan KTT G20 pada 30-31 Oktober 2021. Agenda ini merupakan pertemuan pertama sejak pandemi tahun lalu.

 

Tak semua undangan hadir dalam agenda penting ini. Seperti Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden China Xi Jinping dan PM Jepang Fumio Kishida hanya berpartisipasi secara online.

 

Ketidakhadiran mereka telah menurunkan harapan untuk KTT, yang biasanya merupakan forum untuk kesepakatan antara sekutu dan saingan dengan ukuran dan kekuatan yang berbeda, dari AS dan Cina, hingga Turki, India, Arab Saudi, Brazil, Australia, dan Uni Eropa.

 

Tetapi semua mata akan tertuju pada bahasa mereka tentang perubahan iklim, pada malam pembicaraan COP26 yang dimulai di Glasgow pada hari Minggu, 31 Oktober 2021.

 

Maklum saja, G20 yang negaranya menyumbang 80% emisi karbon global. Itu sebabnya, pertemuan di Roma dianggap sebagai batu loncatan penting sebelum KTT iklim COP 26 PBB di Skotlandia.

 

Para pemimpin juga diharapkan menyepakati pajak minimum 15 persen pada perusahaan global dan membahas pemulihan pasca pandemi dan risiko terkait, termasuk peluncuran vaksin Covid-19 yang tidak merata.

 

Perdana Menteri Italia Mario Draghi mengatakan KTT "menandai kembalinya multilateralisme, setelah tahun-tahun kelam isolasionisme dan isolasi terkait dengan krisis kesehatan".

 

Menurut Reuters, G20 juga bertujuan menegaskan kembali tentang negara-negara kaya yang harus memberikan $100 miliar dolar per tahun untuk membantu negara-negara miskin beradaptasi dengan perubahan iklim.

 

Target ini seharusnya dicapai pada tahun 2020, sesuai dengan kesepakatan yang dicapai pada tahun 2009, tetapi belum tercapai.

 

Berikut daftar peserta KTT G20 di Roma, Italia;

1. Presiden Argentina Alberto Fernández 

2. PM Australia Scott Morrisson

3. Presiden Brazil Jair Bolsonaro

4. PM Kanada Justin Trudeau

5. Presiden Prancis Emmanuel Macron

6. Kanselir Jerman Angela Merkel

7. PM India Narendra Modi

8. Presiden Indonesia Joko Widodo

9. Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador

10. Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud

11. Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa

12. Presiden Korea Selatan Moon Jae-in

13. Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan

14. PM Inggris Boris Johnson

15. Presiden AS Joe Biden

16. Presiden Italia Sergio Mattarella

17. Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen

 

(Red/NB)

sumber : tempo.co




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.