Pelayanan Bagi Pasien yang Alami Gangguan Gizi di RSUD Taman Husada

By Annas 17 Apr 2021, 14:50:45 WIB PEMKOT
Pelayanan Bagi Pasien yang Alami Gangguan Gizi di RSUD Taman Husada

Keterangan Gambar : Dokter Spesialis Gizi RSUD Taman Husada Bontang, dr Wijayanto (Doc. Istimewa)


NEWSBONTANG.COM – RSUD Taman Husada Bontang, memberikan pelayanan terapi gizi bagi pasien yang mengalami sakit dengan kondisi tertentu, seperti kencing manis atau diabetes.

Dalam menjalani masa terapi gizi, dokter akan memberikan aturan dlaam proses pemberian asupan gizi kepada pasien. Seperti mengatur jenis makanan dan jumlah makanan yang dapat di konsumsi.

“Terapi gizi lebih mengacu pada kondisi pasien yang sedang sakit dengan mengidap penyakit cukup serius. Yang dalam penanganannya memerlukan perawatan khusus,” terang Wijayanto saat ditemui diruang Poli Gizi, Gedung RSUD Taman Husada Bontang, Jl Letjen S. Parman, Belimbing, Bontang Barat, Jumat (16/4/2021).

Baca Lainnya :

Hal itu dilakukan, demi menjaga keseimbangan metabolisme tubuh, mempertahankan kestabilan berat badan, serta menjaga kesehatan fungsi organ serta memperkuat konsentrasi dan daya ingat.

“Makanan bisa jadi sehat ketika dikonsumsi bersama sumber gizi lain, secara bervariasi dan tentunya semua harus aman,”

Lebih lanjut, dr. Wijayanto juga menyampaikan, agar seluruh masyarakat teliti dalam memilih makanan. Pada bulan Ramadan di masa pandemi seperti saat ini, masyarakat harus dapat memastikan mengkonsumsi makanan yang segar, tidak mengandung pengawet, dan jangan makan minum dengan kadar gula dan garam yang berlebihan.

Dengan mengkonsumsi makanan sehat dan gizi yang seimbang, maka akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tentunya dapat menurunkan risiko penyakit kronis dan penyakit infeksi.

“Kebutuhan cairan dalam tubuh juga harus diperhatikan. Apalagi saat sedang berpuasa, minum air putih harus sesuai bobot tubuh. Hindari makanan berlemak dan berminyak,” terangnya.

Selain itu, mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang, juga diminta untuk tetap melakukan perilaku hidup bersih dan sehat, rajin mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga kebersihan makanan yang akan diolah.

“Cara memasak juga harus matang, terutama protein yang terkandung dalam makanan jenis hewani,” pungkasnya. (Ryn/NB/Adv)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment