Pemilihan Pemuda Pelopor Bontang akan Dilaksanakan Akhir Mei, Berikut Syarat dan Ketentuan Peserta

By Annas 11 Mei 2021, 15:06:31 WIB PEMKOT
Pemilihan Pemuda Pelopor Bontang akan Dilaksanakan Akhir Mei, Berikut Syarat dan Ketentuan Peserta

Keterangan Gambar : Suasana rapat Bidang Pemuda Dispopar Bontang, dalam membahas persiapan menuju seleksi pemilihan Pemuda Pelopor Kota Bontang 2021, di ruang rapat Gedung Graha Pemuda Bontang, pada Selasa (11/4/2021). (Doc. Ian/NB)


NEWSBONTANG.COM - Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Bontang akan melaksanakan Pemilihan Pemuda Pelopor Kota Bontang tahun 2021, pada akhir Mei mendatang.

Kepala Bidang Pemuda, Arianto, mengungkapkan kepeloporan pemuda sangat diperlukan untuk dapat melakukan terobosan bagi upaya mengatasi masalah yang dihadapi Bontang dewasa ini.

Kepeloporan pemuda, sejatinya merupakan wahana memecahkan berbagai masalah terkait dengan penguatan nation and character building dan mengatasi masalah sosial kepemudaan lainnya.

Baca Lainnya :

"Di sinilah pemuda diharapkan tampil sebagai garda terdepan untuk memberikan kontribusi efektif, kreatif dan inovatif," kata Arianto, saat ditemui awak media NEWSBONTANG.COM, di Gedung Graha Pemuda, Selasa (11/5/2021).

Terdapat lima bidang yang dicari dalam seleksi pemuda pelopor Bontang 2021, antara lain; bidang Pendidikan, bidang Agama Sosial dan Budaya, bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata, bidang Pangan, dan terakhir di bidang inovasi tekhnologi.

Dari lima bidang yang diperlombakan masing masing ada 3 pemenang. Jadi keseluruhan ada 15 pemenang dan akan diseleksi oleh provinsi untuk ke tingkat nasional.

Berikut syarat dan ketentuan bagi calon peserta;

1. Usia 16 sampai 30 tahun (pada 28 Oktober 2021 tidak melebihi usia 30 tahun)yang dibuktikan denganKTP dan/atau akte kelahiran;

2. Tidak pernah melakukan perbuatan tercela, atau merugikan masyarakat dan/atau lingkungan, dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepolisian setempat;

3. Belum pernah memperoleh penghargaan kepeloporan tingkat nasional dari Kementerian Pemuda dan Olahraga;

4. Tidak sedang mengikuti proses pemilihan prestasi tingkat nasional bidang-bidang yang diprogramkan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

5. Calon peserta pemuda pelopor dapat diusulkan oleh SKPD Kepemudaan kabupaten/kota tempat domisili yang bersangkutan atau SKPD tempat yang bersangkutan beraktifitas dalam kepeloporannya;

6. Calon peserta pemuda pelopor dari tingkat kabupaten/kota yang belum berhasil memenuhi syarat untuk diusulkan sebagai calon pemuda pelopor tingkat nasional maka dapat diusulkan kembali tahun berikutnya sebagai peserta tingkat nasional yang diproses melalui penilaian tingkat kabupaten/kota;

7. Memiliki karya nyata berkualitas di bidang kepeloporannya dan dilaksanakan secara konsisten serta dirasakan manfaatnya bagi masyarakat;

8. Kepeloporan yang di capai telah dirintis minimal satu tahun;

9. Mendapatkan rekomendasi dari pemerintah daerah setempat melalui SKPD Kabupaten/Kota dan Provinsi yang menangani Bidang Kepemudaan; (Ian/NB/Adv)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.