Penyebab Kebakaran Pasar Citra Mas Lok Tuan, Kapolres Bontang : Kebocoran Arus Listrik

By Annas 16 Apr 2021, 21:33:13 WIB Daerah
Penyebab Kebakaran Pasar Citra Mas Lok Tuan, Kapolres Bontang : Kebocoran Arus Listrik

Keterangan Gambar : Polres Bontang gelar konferensi pers hasil Tim Labfor penyebab kebakaran Pasar Citra Mas Lok Tuan, di Mako Polres Bontang, Jumat (16/04/2021). (Doc. Istimewa)


NEWSBONTANG.COM - Polres Bontang gelar jumpa pers untuk menyampaikan hasil dari penyelidikan laboratorium forensik terkait penyebab kebakaran kios pedagang Pasar Citra Mas Lok Tuan, dua bulan lalu.

Dari keterangan, Kapolres Bontang AKBP Hanifa Martunas Siringoringo menyatakan penyebab kebakaran akibat dari kebocoran arus listrik.

Kesimpulan itu didapatkan dari hasil pemeriksaan Tim Labfor Surabaya, setelah memeriksa 23 saksi, terdiri dari 11 orang pedagang, 2 security,1 petugas kebersihan, 1 petugas UPT Pasar, dan 8 orang saksi yang berada di tempat kejadian.

Baca Lainnya :

"11 saksi mendadak, dua petugas keamanan, satu petugas kebersihan, satu petugas UPT Pasar, dan delapan warga sekitar," ujar AKBP Hanifa Martunas Siringoringo saat gelar konferensi pers di Mako Polres Bontang, Jumat (16/04/2021).

Selain itu, dari pengumpulan barang bukti kantong plastik abu, bekas lampu penerangan, kabel bekas terbakar, instalasi listrik, dan abu. Tidak didapati bekas bahan kimia dan organik yang menjadi penyulut api kebakaran.

Dari Penyelidikan yang dilakukan selama dua bulan lalu, penyebab peristiwa kebakaran itu diakibatkan adanya kebocoran arus listrik pada kabel power yang meleleh dan membakar solasi kabel.

Sehingga, menimbulkan percikan api yang membakar kertas, plastik, dan kayu disekitar sebelum api melahap ratusan kios.

Menurutnya, dari keterangan resmi tim penyidik, lokasi api pertama kebakaran berada di blok B kios milik S yang kondisinya tertutup dan lampu penerangan didalamnya menyala 24 jam.

"Adanya kabel listrik di kios terbakar parah akibat kebocoran arus listrik," ungkapnya.

Ia mengatakan akan gelar perkara untuk menentukan sikap perihal penyebab kebakaran ini.

"Ini masih hasil penyelidikan. Nanti kami bakal gelar perkara lagi untuk memastikan penyebabnya," Pungkasnya. (Ryn/NB)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment