Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Puluhan Organisasi Bersihkan Sampah di Mangrove Park

By Annas 05 Jun 2021, 14:28:56 WIB Daerah
Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Puluhan Organisasi Bersihkan Sampah di Mangrove Park

Keterangan Gambar : Foto bersama seluruh organisasi setelah melakukan aksi bersih-bersih sampah, di Mangrove Park, Berbas Pantai, Bontang Selatan, pada (5/6/2021). (Doc. Ist)


NEWSBONTANG.COM – Semenjak pemberlakuan PPKM Mikro di Bontang, kondisi objek wisata pemerintah terlihat semakin tak terawat. Terbukti dengan banyaknya tumpukan sampah pada objek wisata Mangrove Park Berbas Pantai, Bontang Selatan.

Bertepatan dengan hari lingkungan hidup sedunia, pada Sabtu (5/6/2021). Puluhan organisasi melaksanakan gotong royong bersih-bersih di sekitar lokasi wisata kebanggaan Bontang ini.

Relawan Aksi Bersih Mangrove, Muhammad Wawan Adi Saputra, menyatakan dengan kondisi tersebut ia merasa resah. Sehingga mendorong dirinya dan kelompoknya untuk melakukan aksi peduli terhadap lingkungan ini.

Baca Lainnya :

"Selama tutup karena pandemi Covid-19 kami melihat kondisi mangrove yang jadi salah satu destinasi wisata, terlihat tidak terurus karena banyaknya sampah yang tersangkut di akar," kata Wawan saat ditemui awak media.

Sebagai sesama warga Bontang, ia berharap agar masyarakat sekitar juga memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan. Tindakan sederhana dengan tidak buang sampah sembarangan ke laut, dirasa sudah cukup.

"Paling terpenting membangun kepedulian untuk tidak membuang sampah dilaut, sebagian sudah sadar," ungkapnya.

Dalam momentum ini, pihaknya juga berencana akan menggelar nonton bareng dengan Wali Kota Bontang Basri Rase, dengan tujuan menyampaikan aspirasi kelompoknya terkait persoalan lingkungan di Bontang.

"Nanti ada juga nobar film pulai plastik bersama Walikota Bontang, dari situ kita akan tawarkan solusi-solusi yang bermanfaat bagi kemajuan Kota Taman," sambungnya.

Sementara itu, Lurah Berbas Pantai, Rendi Maulia, mengapresiasi tindakan nyata dari kelompok pemuda di Bontang ini. Tidak hanya menyampaikan kritik, namun langsung memberikan tindakan nyata.

"Jika hanya berbicara tanpa bertindak itu akan menjadi omong kosong saja," katanya.

Saat ini pihaknya terus menghimbau masyarakat yang berada pesisir untuk tidak membuang sampah sembarangan apalagi kelaut.

"Masyarakat mulai sadar, yang terpenting ini butuh kepedulian semua pihak untuk mengurangi limbah dilaut," pungkasnya. (Ian/NB)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.