Polemik Iuran Sekolah Swasta, Disdikbud Bontang Imbau Beri Keringanan
Pewarta : Risma

By Annas 15 Jul 2020, 12:24:48 WIB Edukasi
Polemik Iuran Sekolah Swasta, Disdikbud Bontang Imbau Beri Keringanan

Keterangan Gambar : kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikbud Kota Bontang Saparuddin (Foto/Risma)


NEWS BONTANG.COM  Banyaknya keluhan masyarakat atau wali murid tentang biaya sekolah di sekolah swasta dimana masih membebankan biaya dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemi corona mendapatkan tanggapan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Bontang.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikbud Bontang mengatakan hal tersebut merupakan kewenangan dari pihak pengelola sekolah swasta atau yayasan.

"Kami tidak boleh ikut campur lebih jauh, batas kami cuman sekedar mengimbau dan menganjurkan saja kalau bisa (tidak bebankan biaya), mereka yang mempunyai wewenang untuk menentukan kebijakan seperti apa," jelasnya usai menghadiri rapat bersama Komisi I, Selasa, (14/7) siang.

Baca Lainnya :

Kata dia, adanya pembayaran iuran di sekolah swasta juga untuk berlangsungnya kegiatan operasional seperti pembayaran gaji guru.

"Pembayaran Iuran ataupun SPP itu kan juga untuk bayar gaji guru-guru mereka," ungkapnya.

Ia lantas menyarankan agar wali murid dapat melakukan koordinasi dan komunikasi terlebih dahulu dengan pihak sekolah agar keinginan masing-masing pihak dapat terakomodir.

Kemudian ia mencontohkan kasus pembelian seragam sekolah yang terjadi di salah satu sekolah. Setelah ditinjau pihak sekolah tidak melakukan pemaksaan.

"Ternyata setelah kami cek, tidak di paksa, mau beli sekarang ataupun setelah pandemi juga boleh. Kalau nggak bisa bayar sekaligus kan bisa di cicil, kalau memang merasa nggak mampu datang aja ke sekolah, kemudian di komunikasikan dengan baik. Intinya kami tetap mengimbau tidak usah dipaksa,”sarannya.

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.