PT Pupuk Kaltim Resmikan Dua Jalan Alternatif Baru

By Annas 18 Sep 2021, 17:00:04 WIB Perusahaan
PT Pupuk Kaltim Resmikan Dua Jalan Alternatif Baru

Keterangan Gambar : Jajaran Direksi PKT bersama unsur Forkopimda menekan tombol sirene, sebagai penanda telah diresmikan jalan Ir Suratman dan NPK pelangi, Bontang Utara, Sabtu (18/9/2021). (Doc. Ryn/NB)


NEWSBONTANG.COM - PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pemkot Bontang meresmikan jalur alternatif yaitu Jalan Ir Suratman dan Jalan NPK Pelangi dengan panjang total 2,12 Km, pada Sabtu (17/9/2021) pagi tadi.

Direktur Utama PT PKT Rahmad Pribadi, menuturkan jalan tersebut dibangun oleh PT Kaltim Industrial Estate (KIE) dengan kualitas yang sangat baik untuk kepentingan masyarakat, dengan menghubungkan Kelurahan Guntung dan Kelurahan Lok Tuan.


Baca Lainnya :

Diharapkan jalan ini sebagai akses alternatif bagi masyarakat di sekitar kawasan industri.

Tak hanya kepentingan umum, jalan tersebut juga sebagai modal dalam perluasan kawasan industri untuk peluang investasi bagi peningkatan ekonomi Kota Bontang.

"Kualitas jalan sangat baik, mudah-mudahan jadi salah satu keunggulan dan modal penting bagi kota Bontang menarik investasi," kata Rahmad saat ditemui usai meresmikan jalan Ir Suratman dan NPK Pelangi, Bontang Utara, Sabtu (18/9/2021).

Lebih lanjut, Rahmad menerangkan alasan menamai jalan tersebut dengan nama Ir Suratman. Katanya, Jalan Ir Suratman itu dipilih sebagai bentuk penghormatan kepada Almarhum Suratman yang dahulu menjabat sebagai Direktur Utama PKT medio 1990 sampai 1995.

Saat itu pula, masa kejayaan perusahaan BUMN ini masuk dalam masa keemasannya. Tepat di masa kepemimpinan Alm. Suratman.

"Semasa hidupnya Alm Ir Suratman yang hingga saat ini terkenang ialah industri pupuk harus berkembang untuk kepentingan dalam negeri. Ini sebagai bentuk penghormatan kami" ucapnya.

Sementara dua nama lain yang dicatut menjadi nama jalan yaitu, Direktur Utama terdahulu seperti Ir James Simanjuntak dan Ir Kotan Pasaman. Yang dinilai piawai dalam mengembangkan perusahaan ini.

"Ini bentuk pengingat bagi pelopor atau pionir terdahulu yang mengembangkan PKT," imbuhnya.

Sementara, nama jalan yang kedua, yakni NPK Pelangi disematkan lantaran telah menjadi produk unggulan yang dihasilkan oleh PT PKT. Jalan tersebut memiliki jarak sepanjang 1,03 km.

"Iyah memang NPK pelangi ini produk unggulan kami," ucapnya.

Lebih jauh, Rahmad menjelaskan dengan produksi pupuk urea yang berkualitas dan terjamin, saat ini telah menjadi perusahaan terbesar di Indonesia serta di Asia Tenggara. 

Saat ini PT PKT berada di urutan keenam se-Asia Pasifik. Berbeda sedikit dengan perusahaan asal Arab Saudi, dengan kapasitas produksi 100.000 ton per hari.

Ia berharap dalam masa kepemimpinannya juga akan berdiri Pabrik Soda Ash, Pabrik NPK, merehabilitasi pabrik tua dan mengaktifkan pabrik urea. 

"Semoga dengan rencana-rencana itu bisa berjalan dan menduduki posisi teratas se-Asia Pasifik," pungkasnya.

Di kesempatan yang sama Wakil Wali Kota Bontang Najirah, turut memberikan apresiasi karena PT PKT dan PT KIE yang membantu dalam hal pembangunan infrastruktur jalan. 

Najirah berharap dengan semakin baiknya infrastruktur  jalan. Yang dianggap sebagai infrastruktur pendukung dapat menarik investor lebih banyak untuk menanamkan modal di Bontang. 

"Tentunya, jika ingin menarik investasi harus di bangun sarana dan prasarananya. Semoga kedepan bisa terus bertambah perusahaan berdiri di Kota Industri ini," tandasnya. 

Sebagai tambahan informasi, kegiatan peresmian jalan ini berlangsung dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Seluruh tamu undangan sebelum mengikuti rangkaian kegiatan terlebih dahulu  melakukan pemeriksaan swab antigen negatif. Upaya itu dilakukan agar mencegah persebaran Covid-19 di Kota Bontang.

Hadir dalam peresmian jalan tersebut diantaranya, Direktur Utama PKT Rahmad Pribadi, Wakil Wali Kota Bontang, Najirah, Ketua DPRD Andi Faizal Sofyan Hasdam bersama Wakilnya Agus Haris, Kapolres Bontang Hamam Wahyudi, Kepala Pengadilan Tinggi Negeri, Dasplin dan unsur forkopimda lainnya. Serta jajaran Direksi PKT.

Selain itu, hadir pula tokoh masyarakat dan keluarga Alm Ir Suratman yang diwakilkan oleh putra pertamanya Eko Wahyu Laksmono. (Ryn/NB)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.