RS PKT Resmi Menurunkan Harga Tes RT-PCR

By Annas 23 Agu 2021, 16:30:53 WIB Kesehatan
RS PKT Resmi Menurunkan Harga Tes RT-PCR

Keterangan Gambar : Ilustrasi salah seorang warga Bontang yang sedang menjalani tes PCR di Labkesda Bontang. (Doc. Ist)


NEWSBONTANG.COM - Rumah Sakit Pupuk Kalimantan Timur (RS-PKT) secara resmi sudah menurunkan harga tes Reverse Transcriptase Polymerase Chain Reaction (RT-PCR), mulai Senin (23/8/2021).

Diketahui, penurunan secara seragam itu tertuang dalam SE Kementerian Kesehatan Nomor : HK.02.02/I/2845/2021, tentang batas tarif tertinggi pemeriksaan RT-PCR. Pada angka 1 point b berisi, untuk pemeriksaan RT-PCR di luar pulau Jawa dan Bali sebesar Rp 525 ribu.

Hospital Liaison Officer (HLO) Rumah Sakit Pupuk Kalimantan Timur (RS PKT) Bontang, Nanik Tunggal, menuturkan, ada dua jenis tarif pemeriksaan RT-PCR, yakni reguler dan same day service. Perbedaan harga tersebut mengikuti jenis pelayanan yang diberikan, mulai Rp 525 Ribu hingga 800 ribu.

Baca Lainnya :

Tarif PCR reguler dikenakan biaya pemeriksaan Rp 525 ribu dengan estimasi waktu selama satu hari untuk mengetahui hasilnya, setelah sampel diambil oleh pihak rumah sakit.

"Itu kalau bayarnya cash, kalau non cash bayarnya Rp  650 ribu, hasilnya juga keluar sama, satu hari setelah pengambilan sample," kata Nanik saat dikonfirmasi via telepon seluler, Senin (23/8/2021).

Sementara itu, jika warga Bontang menginginkan hasil kurang dari 24 jam (same day), tarifnya Rp 750 ribu untuk pembayaran secara cash.

Sedangkan, non cash biayanya Rp 800 ribu dan pengambilan samplenya mulai pukul 07.00 Wita - 10.00 Wita.

"Untuk biaya registrasi masyarakat umum Rp 18 ribu. Dan untuk karyawan perusahaan Rp 21 ribu," tandasnya. 

Tes RT-PCR tersebut dikhususkan bagi masyarakat yang hendak berpergian ke luar kota dengan menggunakan jasa transportasi pesawat. Yang mana diketahui, telah menjadi syarat wajib perjalanan bagi penumpang. (Ryn/NB)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.