Soal Covid-19 Omicron, Luhut: Tak Perlu Khawatir Berlebihan Kalau Sudah Vaksin

By Annas 15 Feb 2022, 08:38:06 WIB Daerah
Soal Covid-19 Omicron, Luhut: Tak Perlu Khawatir Berlebihan Kalau Sudah Vaksin

Keterangan Gambar : Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. (Doc. Int)


NEWSBONTANG.COM - Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, menyatakan kepada warga yang telah mengikuti vaksinasi dosis lengkap dan booster dapat secara ‘bebas’ menjalani aktivitas di tempat umum.

Hanya saja, kebebasan itu tak berlaku bagi orang dengan riwayat penyakit komorbid. 

"Kalau sudah vaksin dua kali, sudah booster, tidak ada komorbid ya jalan-jalan saja. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan berlebihan," kata Luhut, dalam konferensi pers yang disiarkan secara daring melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (14/2/2022).

Baca Lainnya :

Kepercayaan diri itu muncul lantaran vaksinasi Covid-19 di Indonesia menunjukkan hasil yang signifikan. Dibuktikan dengan rendahnya warga yang mengalami perburukan gejala saat terinfeksi Covid-19 selama gelombang varian Omicron ini.

Namun ia mewanti-wanti agar masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan saat beraktivitas diluar ruangan. 

"Jadi kita belum ada lihat pengetatan lagi, justru pelonggaran yang kita lakukan, tapi dengan monitoring yang ketat," ujarnya.

Luhut menyebut Covid-19 varian Omicron hanya dua kali lebih mematikan dibandingkan dengan flu biasa. Hal itu berdasarkan data studi dari luar negeri yang mengkonfirmasi menurunnya tingkat kematian karena Covid-19.

"Pada pertengahan 2020, covid 19 dideteksi 13 kali mematikan dari flu biasa. Namun pada awal 2022 ini, omicron diprediksi hanya dua kali lebih mematikan dari flu. Jadi omicron hanya dua kali lebih parah dari penyakit flu," kata Luhut.

(Red/NB)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.