Pemprov Kaltim Mewajibkan Pejabat Eselon Bayar Zakat Profesi Setiap Bulan

By Annas 18 Apr 2022, 09:22:08 WIB Kominfo Kaltim
Pemprov Kaltim Mewajibkan Pejabat Eselon Bayar Zakat Profesi Setiap Bulan

Keterangan Gambar : Wagub Hadi Mulyadi. (Doc. Yud/NB)


NEWSBONTANG.COM - Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi mengatakan bahwa pemerintah akan mewajibkan seluruh Pejabat Eselon II, III dan IV untuk melakukan pembayaran zakat profesi  setiap bulan.

Sebelumnya, orang nomor dua di Kaltim itu menyatakan sudah melakukan komunikasi bersama Gubernur Isran Noor terkait penerapan ini.

"Kemarin saya lapor Pak Gubernur dan sudah disetujui. Kita akan membuat imbauan bahwa mulai bulan ini atau bulan depan agar para pejabat bisa membayar zakat profesinya," katanya di Masjid Nurul Mu'minin Pemprov Kaltim pada Senin (18/4/2022).

Baca Lainnya :

Setiap pejabat Eselon II, III dan IV akan membayar zakat profesinya melalui unit pengumpul zakat (UPZ) di OPD masing-masing yang kemudian disalurkan ke Baznas.

Hadi merasa bahwa kewajiban berzakat ini sesuai ketentuan Baznas Pusat dan hanya berlaku bagi mereka yang memiliki penghasilan di atas Rp6.644.868 per bulan atau Rp79.738.415 per tahun. Zakat yang harus dikeluarkan sebesar 2,5 persen.

"Misalnya saja penghasilannya Rp 10 juta per bulan, maka hanya membayar Rp 250 ribu setiap bulannya. Sebenarnya tidak terlalu besar, namun jika tidak dibiasakan, tidak dipikirkan dan tidak ada yang memungut memang terasa berat," paparnya.

Ia juga yakin himbauan membayar zakat profesi ini tidak memberatkan para pejabat di lingkup provinsi, bahkan ada dinas yang sudah melakukan hal tersebut padahal belum ada keputusan dari Pemprov Kaltim.

"Maka saya harap semua dinas bisa melakukannya. Zakat itu memang kewajiban makanya tidak terlalu besar. InshaAllah tidak memberatkan justru menyelamatkan dari tanggung jawab zakat mal yang harus dikeluarkan," terangnya.

Dalam pola hidup Islam kata Hadi, yang membuat manusia itu sehat, membuat hidup seorang makhluk sempurna dan bahagia dunia akhirat adalah ketika meningkatkan amalan-amalan tersebut.

"Yang ingin hidupnya berkah jangan berhenti pada kewajiban. Tidak akan miskin orang yang rajin bersedekah, mereka yang rajin bersedekah itu hartanya tidak habis-habis," ujarnya.

"Setiap kali mereka bersedekah Allah menggantinya lebih banyak. Maka mari kita bersedekah, mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik untuk kita semua," sambungnya. (Yud/NB/Adv/KominfoKaltim)

Yuk! Join ke kanal telegram “NB Buddy Update” newsbontang.com untuk mendapatkan informasi terbaru. Caranya tekan link https://t.me/newsbontangupdate, kemudian pilih join.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.