RSUD Taman Husada Bontang Menyediakan Bank Darah

By Annas 15 Apr 2021, 20:40:18 WIB PEMKOT
RSUD Taman Husada Bontang Menyediakan Bank Darah

Keterangan Gambar : Kepala Instalasi Laboratorium RSUD Taman Husada Bontang, Eva Hartati, saat ditemui di ruang penyimpanan darah, Gedung RSUD Taman Husada Bontang, Jl Letjen S. Parman, Belimbing, Bontang Barat, Rabu (15/4/2021). (Doc. Ryn/NB)


NEWSBONTANG.COM – RSUD Taman Husada Bontang, kini sudah menyiapkan fasilitas penampungan darah atau Bank Darah. Sehingga keluarga pasien tidak perlu lagi ke PMI untuk mendapatkan pelayanan pada saat operasi.

Bank darah diresmikan pada Agustus 2019 oleh mantan Walikota Bontang, Neni Moernaeni.

Sekaligus, penandatanganan kerjasama antara RSUD Bontang dengan PMI Bontang dalam hal penyediaan kantung darah untuk kebutuhan operasi.

Baca Lainnya :

Hal ini dilakukan, sebagai sarana penunjang pelayanan RSUD Taman Husada, demi menurunkan resiko terlambatnya pasokan darah ketika pasien hendak di operasi.

Kepala Instalasi laboratorium RSUD Taman Husada Bontang, Eva Hartati, menyampaikan di ruang laboratorium terdapat dua mesin pendingin untuk menyimpan kantong darah untuk semua golongan darah. Yakni, golongan A, B, AB dan O.

“Jika pasien butuh darah, tidak perlu ke PMI lagi, karna di RSUD sudah menyediakan stok darah” kata Eva saat ditemui di ruang kerja, Gedung RSUD Taman Husada Bontang, Jl Letjen S. Parman, Belimbing, Bontang Barat, Rabu (15/4/2021).

Lebih lanjut, ia menjelaskan, dua kulkas yang dimiliki RSUD Taman Husada, memiliki dua fungsi yang berbeda. Jika satu kulkas untuk menyimpan semua stok darah, maka kulkas kedua menyimpan darah setelah pemeriksaan yang dinyatakan cocok untuk masuk dalam tubuh pasien.

“Semua kulkas berfungsi menjaga suhu stok darah, suhunya harus terjaga dua sampai enam derajat celcius agar tidak rusak. Darah tidak boleh berada diluar ruangan,” terangnya.

Dalam hal penjagaan stok bank darah, pihaknya menempatkan enam orang petugas di ruangan tersebut. Yang waktu kerjanya dibagi menjadi tiga. Yakni, pada pagi, siang dan malam hari.

“Petugas kami selalu monitoring di ruang Bank Darah. untuk menjaga kondisi darah tetap baik yang akan diberikan kepada pasien” pungkasnya. (Ryn/NB/Adv)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.