Kebijakan Jenguk Tatap Muka Lapas Bontang Diapresiasi Dewan

By Annas 06 Jul 2022, 11:23:22 WIB DPRD
Kebijakan Jenguk Tatap Muka Lapas Bontang Diapresiasi Dewan

Keterangan Gambar : Suasana penjagaan petugas jaga Lapas Bontang. (Doc. Hms)


NEWSBONTANG.COM - Wakil Ketua II DPRD Kota Bontang Agus Haris, menyambut baik kebijakan Lapas Kelas II A Bontang yang berencana akan memberikan kebijakan kepada keluarga tahanan untuk menjenguk secara tatap muka.


Pasalnya, selama pandemi Covid-19 melanda Indonesia, banyak lembaga yang memutuskan untuk membatasi aktivitas langsung setiap orang.

Baca Lainnya :


Merubah dengan sistem komunikasi daring alias online melalui berbagai macam jenis aplikasi. 


Dengan situasi menurunnya kasus Covid-19 membuat perubahan sistem pun kembali normal. Boleh tatap muka.


"Sudah lama sekali napi dibatasi bertemu dengan keluarga, dengan kebijakan baru ini tentu mengobati rasa rindu itu," kata Agus Haris.


Menurut dia, kebijakan lapas pun memberikan dampak yang baik ke napi. Dengan pertemuan tahanan bersama keluarga, bisa mengingatkan kepada tahanan untuk berperilaku baik selama menjalani masa tahanan.


Sehingga saat bebas dari penjara, narapidana harapannya bisa kembali berprilaku baik ke masyarakat. Karena bisa diterima oleh keluarga.


Diketahui sebelumnya, Kepala Lapas Kelas IIA Bontang, membuka layanan kunjungan tatap muka bagi keluarga tahanan mulai 11 Juli 2022 pekan depan. 


Kebijakan itu merupakan turunan dari Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal Pemasyarakatan nomor PAS-12.HH.01.02 tahun 2022 tentang penyesuaian mekanisme layanan kunjungan tatap muka, dan pembinaan yang melibatkan pihak luar. 


Pihak lapas pun, mengutip komentar Rony di media lokal Bontang, mengatakan tengah mempersiapkan sarana dan prasarana yang sudah lama tak dipakai. 


Pun dengan persiapan pasukan khusus yang mengawasi selama keluarga napi berkunjung.


Adapun syarat khusus lainnya, yakni pembesuk harus melampirkan bukti vaksin ketiga alias booster. Atau minimal menunjukkan surat keterangan tes antigen negatif ke petugas. (Slz/NB)


Yuk! Join ke kanal telegram “NB Buddy Update” newsbontang.com untuk mendapatkan informasi terbaru. Caranya tekan link: //t.me/newsbontangupdate, kemudian pilih join.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.